Dukungan sosial : Faktor penguat self disclosure pada remaja

Fathan Nashrullah, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Self disclosure remaja telah menjadi perhatian utama dengan dampak negatif yang akan mempengaruhi kehidupannya sehari-hari. Tinjauan literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya dukungan sosial sebagai faktor dalam meningkatkan self disclosure pada remaja. Dengan menerapkan pendekatan tinjauan literatur, berbagai penelitian diperiksa untuk lebih memahami peran dukungan sosial dalam meningkatkan self disclosure. Hasil tinjauan pustaka ini kemudian dianalisis secara tematis atau konseptual untuk mengidentifikasi kecenderungan, perbedaan, dan persamaan temuan yang dilaporkan oleh peneliti sebelumnya. Hasil ini menyoroti dampak signifikan dukungan sosial terhadap faktor-faktor yang mendasari pengungkapan diri, termasuk kemampuan beradaptasi, kurangnya rasa percaya diri, munculnya perasaan takut, cemas, dan perasaan rendah hati dan terisolasi. Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi baru dan rekomendasi yang berguna mengenai pentingnya dukungan sosial dalam meningkatkan self disclosure pada remaja.


Full Text:

PDF

References


Agatha, S. D. (2023). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SELF-DISCLOSURE MENGENAI PERISTIWA TIDAK MENYENANGKAN PADA REMAJA [Doctoral, Universitas Muhammadiyah Jember]. https://doi.org/10/10.%20ARTIKEL.pdf

Anriyadi, A. (2020). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP PERILAKU WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LAPAS KELAS I MAKASSAR. Hasanuddin Journal of Sociology (HJS), 73–87. https://doi.org/10.31947/hjs.v2i1.10571

DeVito, J. A. (2017). The Interpersonal Communication book (Vol. 6).

Dinar, L., Fakhri, N. F., & Ridfah, A. (2023). HUBUNGAN KECEMASAN SOSIAL DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI DIMODERATORI DUKUNGAN SOSIAL ONLINE PADA INDIVIDU PENGGUNA MEDIA SOSIAL. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jiva.v4i2.2843

Gainau, M. B. (2019). KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) SISWA DALAM PERSPEKTIF BUDAYA DAN IMPLIKASINYA BAGI KONSELING.

House, J. S., Landis, K. R., & Umberson, D. (1989). Social relationships and health. Science (New York, N.Y.), 241(4865), 540–545. https://doi.org/10.1126/science.3399889

Kalimah, S. (2022). Meningkatkan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 11(1), 23–30. https://doi.org/10.21831/dimensia.v11i1.59122

Kumalasari, A. G., & Desiningrum, D. R. (2017). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL GURU DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI (SELF DISCLOSURE) PADA REMAJA. Jurnal EMPATI, 5(4), Article 4.

Nabila, S. (2022). PERKEMBANGAN REMAJA Adolescense.

Pahroji, J., & Iqbal, M. (2022). PENYESUAIAN DIRI REMAJA. Jurnal Bakti Sosial, 1(2), Article 2.

Papalia, D., Olds, S., & Feldman, R. (2009). Human Development. McGraw-Hill Education.

Pohan, F. A., & Dalimunthe, H. A. (2017). Hubungan Intimate Friendship dengan Self-Disclosure pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Media Sosial Facebook. Jurnal Diversita, 3(2), 15–24. https://doi.org/10.31289/diversita.v3i2.1256

Prayogo, H. A. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XII MAN 4 Sleman". https://opac.uad.ac.id/index.php/koleksi/Penelitian/detail/9qEvzWg9G-Iiqh3zMxepdUf2elT3nKOrD91NC98i6pLKwzNAScM

Putra, B. J., & Jamal, J. (2020). Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3.

Putri, N. I. M., & Widodo, P. B. (2013). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Jurnal EMPATI, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.14710/empati.2013.7371

Santrock, J. W. (2003). Adolescence, Perkembangan Remaja. Erlangga.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. John Wiley & Sons.

Wahyuni, L. D., & Radjito, R. (2017). DUKUNGAN SOSIAL DAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA PESERTA DIDIK PROGRAM KESETARAAN PAKET B. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/JPPP.061.02

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.