Keefektifan konseling kelompok dalam menurunkan stress akademik pada siswa
Abstract
Academic stress merupakan suatu kondisi yang tercipta akibat adanya tekanan dalam proses belajar siswa disekolah. Tekanan ini didapatkan akibat harapan diri yang tinggi dan harapan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh konseling kelompok realitas terhadap tingkat stres akademik. Metode kajian literatur dilaksanakan untuk mengetahui secara teoritis pengaruh konseling kelompok realita untuk mereduksi academic stress. Metode ini dilakukan menggunakan beberapa literatur artikel dan jurnal melalui penyedia jurnal internasional yaitu Google Scholar (scholar.google.com). Analisis kajian literatur ini dilakukan untuk mendapatkan, menggabungkan, memaparkan dan menyimpulkan kajian dari peneliti terdahulu. Terdapat empat penelitian yang digunakan sebagai pedoman untuk penelitian literatur. Penelitian tersebut membahas tentang seberapa efektif dan peran konseling kelompok realita terhadap kesulitan akademik. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa konseling kelompok realita memiliki efek untuk mengurangi academic stress.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, T., Aryani, F., & Sinring, A. (2019). Analisis Perilaku Stres Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Dua Siswa SMPS 1 Antam ) STRESS ANALYSIS OF STUDENTS LEARNING IN THE COVID-19 PANDEMIC ( Case Study of Two Students of SMPS 1 Antam ). Journal of Education, 19(2), 1–12.
Agolla, J. E., & Ongori, H. (2009). Decision making Harrison’s. Educational Research and Review, 4(2), 63–70.
Andini, S. D., Rakhmawati, D., & Ajie, G. R. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Stress Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikoedukasia, 1(2), 1–23.
Aryani, F. (2016). Stres belajar suatu pendekatan dan intervensi konseling. http://eprints.unm.ac.id/2478/1/Buku - Stres Belajar.pdf
Cahyono, E. A., Sutomo, & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43
Handayani, R., Hartuti, P., & Sulian, I. (2019). Pengaruh konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami stress dalam belajar di SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Hasby, B. A. (2017). FILOSOFI KEILMUAN BIMBINGAN DAN KONSELING Bakhrudin All Habsy. Pendidikan, 2(1).
Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613
Mulawarman, Arifuding, I., & Rahmawati, A. (2020). Konseling Kelompok Pendekatan Realita (edisi pert). Kencana.
Nurrahmah, L. A. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok Realitas Dengan Teknik WDEP Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMK Farmasi Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 1. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.7976
Pramesta, D. K & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara efikasi diri dengan stress akademik pada siswa di SMA X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.
Rahman, D., Masril, M., Nelisma, Y., & Dasril, D. (2022). Efektifitas konseling kelompok realitas terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VII Mtsn 6 Padang. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 148. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6794
Reddy, K. J., Menon, K. R., & Thattil, A. (2018). Academic stress and its sources among university students. Biomedical and Pharmacology Journal, 11(1), 531–537. https://doi.org/10.13005/bpj/1404
Siregar, I. K., Sari, P., Pautina, M. R., & Rafiola, R. H. (2022). The pressure of academic stress and self-efficacy among student. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(3), 394. https://doi.org/10.29210/156700
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494
Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. Aura Publishing, 1–260. http://repository.radenintan.ac.id/10934/
Refbacks
- There are currently no refbacks.