Literatur review: Pengaruh dukungan sosial terhadap burnout akademik pada siswa smp

Dwi Zainu Afif, Agung Budi Prabowo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh dukungan sosial terhadap burnout akademik pada siswa SMP. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi literatur, dengan mengumpulkan data dari Google Scholar dan  menganalisis artikel-artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2018-2024. Burnout akademik didefinisikan sebagai kondisi stress yang berkepanjangan yang ditandai kelelahan fisik dan emosional, serta penurunan dan motivasi untuk berprestasi. Dukungan sosial meliputi perhatian, pengahargaan dan bantuan dari lingkungan sekitar. Hasil kajian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan burnout akademik, semakin tinggi dukungan sosial yang dirasakan individu semakin rendah burnout akademik yang dirasakan, namun sebaliknya apabila dukungan sosial yang dirasakan rendah maka burnout akademik yang dirasakan tinggi.


Full Text:

PDF

References


Amseke, F. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/17

Dewi, S. R., & Yusri, F. (2023). Kecerdasan Emosi Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.109

Dewi, B. N. I., Nuryani, R., & Lindasari, S. W. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Burnout Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 7(1), 272-278.

Elisabeth, C. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 8–15. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/74%0Ahttp://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/download/74/77

Hartono, F. R. (2024). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. CAUSALITA: Journal of Psychology, 1(4), 10-19.

Japeri, A. Z., & Hijrianti, U. R. (2022). Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Academic Burnout Pada Siswa Sma Global Islamic Boarding School. Psyche: Jurnal Psikologi, 4(2), 140–155. https://doi.org/10.36269/psyche.v4i2.861

Lisyanti, V. M. &, & Fajrianthi. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Self-Esteem pada Remaja. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 3(1), 1–6. http://e-journal.unair.ac.id/BRPKM

Lisyanti, V. M. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Lubis, F. M., & Mahendika, D. (2023). Hubungan Parenting Style, Peer Pressure, Self-Esteem, dan Kesehatan Mental pada Remaja Indonesia di Jawa Barat. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(02), 90–104. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i02.262

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2016). Understanding the burnout experience: Recent research and its implications for psychiatry. World Psychiatry, 15(2), 103–111. https://doi.org/10.1002/wps.20311

I Ketut. Konsep Perilaku, Sikap, Persepsi, Stres,Kecemasan, Nyeri, Dukungan sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan, Yogyakarta: penerbit, ANDI, 2022

Muflihah, I. (2020). PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT AKADEMIK SELAMA PANDEMI Lailatul Muflihah Siti Ina Savira.

Nursakdiah, N., Khairinal, K., & Syuhada, S. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 653–664. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1626

Sari, S. W., Firman, F., & Ahmad, R. (2019). Relationship of Senior Perceptions of the Familiarization to the School Environment and Peer Social Support with Bullying of Juniors. International Journal of Research in Counseling and Education, 3(2), 89. https://doi.org/10.24036/0089za0002

Simbolon, P., & Simbolon, N. (2021). Hubungan Academic Burnout Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Stikes Santa Eelisabeth Medan. Jurnal Pendidikan, 12(2), 96–108. https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/index

Trimulatsih, P. D., & Appulembang, Y. A. (2022). Dukungan sosial terhadap burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi Saat pandemi. Psychology Journal of Mental Health, 4(1), 36-47.

Winahyu, dyah M. K., & Wiryosutomo, H. W. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dan Student Burnout Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 102–109. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/32026.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.