Upaya mengurangi kecemasan berbicara di depan umum dengan meningkatkan kepercayaan diri siswa

Wisnu Panji Priyantama, Tri Sutanti

Abstract


Kecemasan berbicara di depan umum merupakan sebuah kondisi seseorang ketika mempunyai perasaan khawatir dan perasaan tidak menyenangkan saat berkomunikasi di depan orang banyak. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya dalam menumbuhkan kepercayaan diri yang bertujuan untuk mengatasi kecemasan dalam berkomunikasi di depan publik. Metode yang digunakan adalah literatur review, pengumpulan data dilakukan melalui google schooler dengan rantang waktu 2014-2024 dan dipilih artikel yang paling relevan. Hasil dari penelitian ini adalah upaya upaya dalam meningkatkan kepercayaan diri seseorang guna mengurangi kecemasan berbicara di depan umum.


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, D., Nurasmi, N., Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Retorika : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 104–113. Https://Doi.Org/10.47435/Retorika.V4i2.1201

Amali, B. A. (2020). Upaya Meminimalisasi Kecemasan Siswa Saat Berbicara Di Depan Umum Dengan Metode Expressive Writing Therapy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 109. Https://Doi.Org/10.22219/Jipt.V8i2.12306

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2). Https://Doi.Org/10.24176/Jkg.V2i2.717

Erisma, K., Suryati, & Jannati, Z. (2023). Konseling Individu Dengan Teknik (Rebt) Dalam Mengatasi Kecemasan Berkomunikasi Umum Pada Remaja. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 1(3), 526–528. Https://Doi.Org/10.47233/JISHS.V1I3.824

Fitrananda, C. A., Anisyahrini, R., & Iqbal, M. (2018). Pelatihan Public Speaking Untuk Menunjang Kemampuan Presentasi Bagi Siswa Sman 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Madani : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 66–69. Https://Doi.Org/10.53834/MDN.V4I2.507

Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas Ix Di Smp Negeri 2 Toma Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123–133. Https://Doi.Org/10.57094/FAGURU.V2I1.652

Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 138–147. Https://Doi.Org/10.52657/JFK.V3I2.407

Hamzah, I., Wahyudin, A. Y., Oktaviani, L., Aldino, A. A., Alfathaan, M., & Julius, A. (2022). Pendampingan Pembelajaran Public Speaking Bagi Siswa-Siswi Man 1 Lampung Tengah. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 76–81. Https://Doi.Org/10.59458/Jwl.V2i2.35

Khaerunnisa, P., Nugraha, A., & Arumsari, C. (2020). Profil Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Siswa Sma. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(3), 107–113. Https://Doi.Org/10.22460/Q.V4i3p107-113.1982

Kusnadi, S. K., Irmayanti, N., Ayumeida Kusnadi, S., Anggoro, H., & Berlian Agustina, K. S. (2021). Pelatihan Public Speaking Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Remaja Komunitas Kappas Surabaya Surabaya. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 1093–1098. Https://Doi.Org/10.37695/Pkmcsr.V4i0.1303

Limbong, S. R., Astuti, W., & Iramadhani, D. (2023). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Yang Tergabung Dalam Paguyuban Di Universitas Malikussaleh. Insight: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(4), 626–641. Https://Doi.Org/10.2910/INSIGHT.V1I4.11705

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal Of Public Policy And Administration Silampari, 2(2), 80–90. Https://Doi.Org/10.31539/Joppa.V2i2.2385

Meutia, T., Harefa, J. A., Wijayanti, S., & Saragi, M. P. D. (2022). Efektifitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Kemampuan Public Speaking Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2215–2219. Https://Doi.Org/10.31004/JPDK.V4I3.5050

Muannif Ridwan, Suhar AM, Bahrul Ulum, F. M. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi.

Nurhasanah, D., Mukhyi, T. F., Wirda, R., Nadhira, M., Tsabitah, G., Salsabila, A., & Amna, Z. (2023). Tingkat Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Syiah Kuala Psychology Journal, 1(2), 74–83. Https://Doi.Org/10.24815/Skpj.V1i2.28436

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(2), 190–200. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V2i2.18626

Saputri, V. F., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal EMPATI, 6(1), 425–430. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2017.15181

Triana, C. C., Yulianti, A., Nuraeni, L. A., & Sayyidah, A. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Seorang Public Relation Dalam Berkomunikasi. Cebong Journal, 1(2), 34–40. Https://Doi.Org/10.35335/Cebong.V1i2.13

Valentina Ratri Harnanda, & Christiana Hari Soetjiningsih. (2023). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Berbicara Didepan Umum Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2021/2022 Universitas Kristen Satya Wacana. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 371–383. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.125


Refbacks

  • There are currently no refbacks.