Konsep nomophobia yang dapat disebabkan penyalahgunaan teknologi

Agyem Mustaqim, Siti Muyana

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi selalu mengalami pembaharuan dan perkembangan yang sangat pesat, dampaknya dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari terutama generasi saat ini. Dibalik kemudahan dan fasilitas yang disediakan dalam smartphone dapat menyebabkan kecanduan, selain itu juga dapat berdampak pada psikologis contohnya dapat menyebabkan gangguan kecemasan yang disebut dengan nomophobia. nomophobia diartikan sebagai suatu jenis fobia kontemporer yang merupakan interaksi antara manusia dengan teknologi, yang mana saat ini teknologi yang paling sering digunakan adalah smartphone. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui konsep nomophobia dan menelaah kebenaran bahwa nomophobia dapat disebabkan penyalahgunaan teknologi. Studi ini menggunakan metode studi literatur, atau biasa disebut kejian kepustakaan. Hasil diatas menunjukan bahwa penyalahgunaan teknologi yang menyebabkan ketergantungan pada smartphone di kalangan remaja terjadi karena kekhawatiran berlebihan tentang ketidakmampuan mereka untuk aktif di smartphone.


Full Text:

PDF

References


Aksa, D. A., & Rahmatullah, A. S. (2023). Upaya Penyehatan Jiwa Anak Nomophobia Di Sekolah Berbasis Islam. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(3), 739–751. https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/5104

Alethea, O., & Santoso, F. (2021). EKSPLORASI VISUAL FUTURISTIK UNTUK PERANCANGAN. 3(3), 233–247.

Apriliani, D., & Barida, M. (2023). Literature Review: Urgensi Nomophobia pada Remaja Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 3, 35–47.

Fadhilah, L., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2021). Nomophobia di Kalangan Remaja. Jurnal Diversita, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.4487

Fahira, Z., Amna, Z., Mawarpury, M., & Faradina, S. (2021). Kesepian dan Nomophobia pada Mahasiswa Perantau. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(2), 183. https://doi.org/10.22146/gamajop.65827

Fajrina, N., Martina, & Alfiandi, R. (2021). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Remaja. Jim FKep, V(1), 9–15.

Ghofur, M. A., & Halimah, S. N. (2022). Nomophobia Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Anak (Studi Kasus). El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 59–70. https://doi.org/10.54125/elbanar.v4i2.63

Hamidah, H., Rizal, A., & Purnama, A. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Remaja Kelas 12 SMK An–Nahl Cibeber Kabupaten Cianjur Tahun 2022. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran, 2(1), 53–65.

Hasim, J., Adjam, S., Ode, A., & Samili. (2023). Dampak Nomophobia Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 3 Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 393–398.

Jahrami, H., Trabelsi, K., Boukhris, O., Hussain, J. H., Alenezi, A. F., Humood, A., Saif, Z., Pandi-Perumal, S. R., & Seeman, M. V. (2023). The Prevalence of Mild, Moderate, and Severe Nomophobia Symptoms: A Systematic Review, Meta-Analysis, and Meta-Regression. Behavioral Sciences, 13(1), 1–29. https://doi.org/10.3390/bs13010035

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136.

Nurhasana, L., Ramadhani, E., & Surtiyono, E. (2024). Nomophobia : Dampak Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa. 06(02), 11238–11250.

Pradana, H. B. (2020). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Ketahanan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Jenang 06 Majenang. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, IX(2), 206–219. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/17518

Pratama, B. W. A., & Prasetyaningrum, P. T. (2024). Implementasi Metode Certainty Factor Dalam Sistem Pakar Diagnosa Nomophobia Pada Remaja Berbasis Web. Journal of Computer and Information Systems Ampera, 5(3), 155–173. https://journal-computing.org/index.php/journal-cisa/index

Rahayuningrum, D. C., & Sary, A. N. (2019). Studi Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap No-Mobile Phone (Nomophobia). JURNAL Keperawatan, 1(2), 49–55. http://jurnal.ensiklopediaku.org

Rahmi, K. H. (2022). Fear of Missing Out dengan Nomophobia pada Mahasiswa. Social Philanthropic, 1(2), 23–30. https://doi.org/10.31599/sp.v1i2.1808

Sari, I. P., Ifdil, I., & Yendi, F. M. (2020). Konsep Nomophobia pada Remaja Generasi Z. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(1), 21. https://doi.org/10.29210/3003414000

Tarisafitri, N., Hilaliyah, M., Wahyudin, A., Azhari, A., & Ali, I. (2024). Penerapan Psikoedukasi Nomophobia Terhadap Insight Siswa SDN Bojong 02 Kemang Bogor Dalam Penggunaan Gadget. PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.755

Vijnanamaya, A., & Ambarini, T. K. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Nomophobia: Sebuah Tinjauan Literatur. X, 2–15. http://e-journal.unair.ac.id/BRPKM

Yildirim, C., & Correia, A. P. (2015). Exploring the dimensions of nomophobia: Development and validation of a self-reported questionnaire. Computers in Human Behavior, 49, 130–137. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.059


Refbacks

  • There are currently no refbacks.