Pengaruh Budaya Korea Terhadap Motivasi Membeli di Komunitas K-Pop Kupang

Veronika Anjelina Dula, Nur Chotimah, Abdul Kholiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya Korea terhadap motivasi pembelian barang-barang K-Pop pada komunitas K-Pop di Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penggemar Korea yang tergabung dalam komunitas K-Pop di Kupang. Ukuran sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel acak, sehingga diperoleh 100 penggemar K-Pop sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t, dan uji f. Pengolahan data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan adalah 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model regresi sederhana ini cocok digunakan, dan variabel independen yang meliputi budaya Korea mempengaruhi motivasi pembelian barang-barang K-Pop pada komunitas K-Pop di Kupang.

Full Text:

PDF

References


Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., Rahmaji, F., Kinanthi, G., & Adi, H. (2020). Studi tentang pengaruh budaya Korea pada penggemar K-pop diajukan untuk melengkapi persyaratan untuk gelar sarjana di bidang antropologi sosial. Dalam Jurnal Penelitian Humaniora (Vol. 21, Issue 1).

Ardia, V. (2014). Drama Korea dan Budaya Populer. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 12–18. https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/337

Pandeinuwu, RC, Lasut, JJ, & Zakarias, JD (2022). Pengaruh sikap, perilaku dan motivasi dalam menonton Korean Pop terhadap gaya hidup remaja di media sosial di Kota Manado. Jurnal Masyarakat Ilmiah, 2(3), 1–12.

Ramadhania, A. F., Setyaningrum, I., & Kartikasari, C. Y. (2023). Pola Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Mengikuti Event K-Pop. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(10), 5982-5993.

Herita, E. (2022). Indonesia Masuk Top 4 Pembeli Album K-Pop Tahun 2021. Sindonews.Com.

Chotimah, N. (2019). Jurnal Manajemen Ilmiah EMOR (Ekonomi. Pengaruh Kualitas dan Kepercayaan Situs Web terhadap Keputusan Pembelian Online pada Aplikasi Seluler Shopee, 3(1), 63–72.

Nafeesa, & Novita, E. (2021). Hubungan antara harga diri dan perilaku pembelian impulsif. Humaniora Universitas Informatika Bina Sarana, 21(2), 79–86.

Azzahra Saneva, T., & Kurniawati, M. (2022). Peran Motivasi Belanja dan Kontrol Diri pada Perilaku Konsumtif pada K-Pop Wanita Remaja Akhir. Versi cetak), 6(2), 393–400.

Fibrianti, N. S., Chotimah, N., & Kholiq, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Membeli Produk Wardah Kosmetik di Kalangan Mahasiswi IKIP Muhammadiyah Maumere. Jurnal Ekonomi, Sosial &; Humaniora, 3(3), 74–81.

Anjani, K. P. (2020). The Correlation Between Self-Control and Consumptive Behavior in Purchasing K-pop Merchandise in Adolescents (Doctoral dissertation, Untag 1945 Surabaya).

Hendayana, Y., & Afifah, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave terhadap Minat Belanja Online melalui Marketplace Tokopedia. Performa, 3(1), 32–46.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan.

Sriyana. (2020). Antropologi Sosial Budaya. Klaten:Lakeisha.

Susbiyantoro, S., & Ofeser, F. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Generasi Milenial Pada Marketplace Dengan Motivasi Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Shopee, Tokopedia, Lazada Dan Bukalapak). Jurnal Mitra Manajemen, 5(6), 372–389.

Arikunto, S. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) dan Pendidikan Matematika Realistik (Rme) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa semester genap Kelas VII A SMP Muhammadiyah 08 Semarang Tahun Ajaran 2009-2010 pada materi pokok Asosiasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta