Nilai Budaya dalam Upacara Adat “Lodong Me” pada Masyarakat Desa Du, Kabupaten Sikka

Maria Ivensia, Gisela Nuwa, Rodja Abdul Natsir

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan terjadinya perubahan dalam kehidupan budaya masyarakat. Padahal dalam budaya terdapat nilai pendidikan yang luar biasa untuk diwariskan kepada generasi muda. Salah satunya yaitu nilai dalam kebudayaan Lodong Me walaupun sudah sangat minim dilakukan atau dipraktekkan oleh masyarakat. Lodong Me adalah ritual menurunkan anak yang umumnya dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Sikka, khususnya di Desa Du. Dalam pandangan masyarakat Desa Du bahwa Lodong Me sebagai salah satu warisan leluhur maka sangat penting untuk dijaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai budaya yang terkandung dalam upacara adat Lodong Me dan upaya untuk melestarikan kebudayaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui nilai-nilai yang terkandung dalam Upacara adat Lodong Me yaitu nilai kesehatan, nilai transformasi dan nilai keuletan. Adapun upaya yang dilakukan untuk melestarikan kebudayaan Lodong Me yaitu dengan memperkenalkan budaya Lodong Me kepada generasi muda dan masukan budaya Lodong Me dalam pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Simanjuntak, M. M. (2021). Analisis Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat ‘Mado-Mado Nias.’ Kode : Jurnal Bahasa, 10(4), 136–149. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30770.

Muali, C. (2017). Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara Dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural. Jurnal Islam Nusantara, 1(1), 105. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i1.64.

Lemba, V. C., Puka, A. O. B., Krismawati, I. E., & Ritan, G. O. (2021). Model Pendidikan Nilai Budaya Lamaholot Dalam Ritus Lodong Ana. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5096.

Bribin, M., Ruteng, K. (2023). Volume 21 No. 1 Edisi April 2023, 21(1), 41–47.

Ningtias, N. F., & Tjahjono, T. (2022). Nilai-Nilai Budaya Dalam Novel "Nilai-Nilai Budaya Dalam Novel ‘Di Bawah Langit Yang Sama’ Karya Helga Rif." Balapa, 9(8), 323–334.

Yurika, R. E., & Nugroho, A. R. B. P. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Kebudayaan Dalam Praktik Bimbingan Dan Konseling Di Indonesia [Implementation of Cultural Values in Guidance and Counseling Practices in Indonesia]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 2(1), 23–40. https://doi.org/10.59027/jcic.v2i1.163.

Fitriyanti, N., & Sasongko. (2019). Adopsi Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13, 281–292.

Cahyono, A. A. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Grup WhatsApp Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di SMKN Kebonagung. JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Auditing), 1.

Efendi, M. R. S. (2022). Bentuk, Fungsi Dan Makna Upacara Adat Lodong Me Sebagai Lambang Identitas Kultural Masyarakat Sikka Di Flores.

Susanti, S. B., Pramono, S., & ... (2023). Evaluasi Kebijakan Program Stunting Pada Puskesmas Lawir, Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur. Soetomo Administrasi …, 1(3), 571–582.

Olla, D. I., Romeo, P., & Limbu, R. (2022). Gambaran Budaya Neno Bo’Ha Pada Ibu Melahirkan Di Desa Tobu Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Pangan Gizi Dan Kesehatan, 11(2), 137–154. https://doi.org/10.51556/ejpazih.v11i2.217.

Nurmaela, A. I., Sari, I. K., Azizah, N., & Istianah, S. (2023). Pengaruh Kondisi Kesehatan Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Kelas D2 Prodi Pgmi Uin Khas Jember, 4, 47–61.

Telaumbanua, R. F. (2020). Peran Tenaga Kesehatan Dalam Melaksanakan Pelayanan Kesehatan WBP Rutan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 205–212. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.247.

Busthomi, A. F., Fakultas, D. O., & Huda, M. K. (2023). Urgensi Pengadilan Kesehatan Sebagai Upaya Solusi Masalah Sengketa Medis Di Indonesia. Jurnal Kertha Semaya, 11(11), 2677–2693.

Susanti, I. S., Dewi, N. I. K., & Permana, A. Y. (2018). Tatanan Teritorial Dalam Proses Transformasi Hunian. Jurnal Arsitektur ZONASI, 1(1), 27. https://doi.org/10.17509/jaz.v1i1.11542.

Kurniawati, B. D. (2017). Transformasi Kondisi Sosial Masyarakat Sebagai Upaya Pengembangan Budaya Lokal Batik Jarak Surabaya. Membangun Tradisi Inovasi Melalui Riset Berbasis Praktik Seni Dan Desain” FBS Unesa, 28 Oktober 2017, 3, 349–353.

Hermiati, T. T. D. (2022). Transformasi Budaya Lokal Pembangun Karakter, 1–7.

Gunawan, I. M., Endriani, A., & Malina, R. (2019). Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Sikap Keuletan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 21. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1389.

Sari, A. P. (2015). Enerapan Etos Kerja Pegawai Pada Stasiun Kipm Kelas Ii Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.37676/ekombis.v3i2.140.

Triwardani, R., & Rochayanti, C. (2014). Implementasi Kebijakan Desa Budaya Dalam Upaya Pelestarian Budaya Lokal. Reformasi, 4(2), 102–110.

Mukhtaromi, A., Soeidy, M. S., & Hayat, A. (2013). Sinergi Pemerintah Daerah Dan Lembaga Adat Dalam Melaksanakan Pelestarian Kebudayaan (Studi Pada Budaya Suku Tengger Bromo). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(2), 155–163.

Widyastuti, M. (2021). Peran Kebudayaan Dalam Dunia Pendidikan. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v1i1.810.

Laukari, Y. V., Nuwa, G., & Kpalet, P. (2022). Upacara Adat ‘Roit Alang’ Sebagai Nilai Budaya Pada Masyarakat Di Desa Mahebora Kecamatan Nita. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18592.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta