Pengaruh Kegiatan Kampus Mengajar terhadap Kualitas Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maumere

Nursia Mbari, Nur Chotimah, Rusli Hereng

Abstract


Program kampus mengajar sangat dibutuhkan untuk perencanaan calon guru, jika seorang pendidik tidak merencanakan sejak dini maka akan mempengaruhi pada mutu pendidikan kedepannya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Kampus Mengajar terhadap kualitas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maumere. pengambilan sampel menggunakan teknik simple  random sampling. sampel yang diambil yaitu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maumere yang telah mengikuti kampus mengajar 56 mahasiswa. penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu Kegiatan Kampus Mengajar (x) dan satu variabel dependen yaitu Kualitas Mahasiswa (Y). data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa angket dengan 56 responden. teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis regresi sederhana. hasil dari penelitian ini diketahui diperoleh nilai t-hitungKegiatan Kampus Mengajar (x) sebesar 6,743 dengan nilai probabilitas (sig) = 0,001. nilai t-hitung (6,743) lebih besar dari t-tabel  (0,634), dan nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,001 kurang dari 0,05, artinya bahwa Kegiatan Kampus Mengajar (x) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maumere. jadi kesimpulannya h0 ditolak dan h1 diterima.

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Panduan Program Mengajar Angkatan 1. Jakarta, Indonesia: Kemendikbud.

Artamevia, N. I., Bayu, A., Nandiyanto, D., & Universitas Pendidikan Indonesia. (2021). Pioneering Teaching Campus Activities at Elementary School in Balerante, Palimanan, Cirebon, West Java, Indonesia. Indonesia Journal of Teaching in Science, 1(1), 117–120.

Hikmawati, H. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3(2), 30–37. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i2.190

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514-3525.

Krisdiah, H. Y., Mustofa, C. H., & Winarti, A. (2022). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 6 JIMBUNG. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 36-44.

Mukoyimah, S., & Arsyad, M. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Tinjauan Filosofis dari Perspektif Filsafat Pendidikan Barat dan Timur serta Realitasnya. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 291-302.

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., Harianto, W., & Ketut Suastika, I. (2022). Analisis dampak implementasi program mbkm kampus mengajar pada persepsi mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814-822.

Anggraini, H., Haryono, S. E., Muntomimah, S., Wijayanti, R., & Akbar, M. R. (2022). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 64-74.

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021, September). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 166-173).




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta