Pengembangan Set Alat Praktikum Sistem Dua Cermin Datar Pada Konsep Optika untuk Peserta Didik Kelas IX
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang inovatif merupakan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik salah satunya adalah penggunaan alat praktikum fisika. Alat praktikum yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah alat praktikum sistem dua cermin datar sederhana pada konsep optika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan set alat praktikum sistem dua cermin datar pada konsep optika. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kelayakan media. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli media dan ahli materi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi berbantuan MS. Excel. Hasil penelitian ini adalah alat praktikum sistem dua cermin datar dinyatakan layak digunakan setelah mendapatkan nilai rata-rata penilaian sebesar 89% dari ahli media dan 91% ahli materi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta