Upaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPK St. Yohanes Nelle

Maria Agustina Dua Delang, Mohammad Fitri, Erwin Prasetyo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPK St. Yohanes Nelle Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskripsi. Pengumpulan data diperoleh dari informasi, tempat dan aktivitas kepemimpinan kepala sekolah serta dokumen. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Teknik menganalisis data dilakukan dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa pokok – pokok temuan yaitu: 1) Peningkatan mutu pembelajaran di SMPK St. Yohanes Nelle ditentukan bagaimana kepala sekolah dapat mengelola manajemen sekolah serta kemampuan dalam menetapkan visi, misi, tujuan pendidikan di SMPK St. Yohanes Nelle.  2) Peningkatan mutu kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sangat ditentukan motivasi diri kepala sekolah serta bagaimana bias mengolah input pembelajaran, menyelenggarakan proses pembelajaran dan menghasilkan output pembelajaran. 3) Secara Keseluruhan kondisi kepala sekolah SMPK St. Yohanes Nelle dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Educator (Pendidik), Sebagai Manager, Sebagai Administrator, sebagai supervisor, sebagai leader (Pemimpin) sebagai inovator dan sebagai motivator sangat baik sehingga kepala sekolah bias menjadi contoh dalam menjalankan tugasnya


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta