Pengembangan Alat Peraga Puzzle Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Sederhana Kelas III SDI Waioti

Safitrin Umar, Agnesia Bergita Anomeisa, Wahyuningsih Wahyuningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan alat peraga puzzle pecahan sebagai media pembelajaran matematika pada materi pecahan sederhana kelas III yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dan model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDI Waioti sebanyak 25 peserta didik, ahli, dan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan alat peraga puzzle pecahan sebagai media pembelajaran matematika pada materi pecahan sederhana menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validitas alat peraga puzzle pecahan memperoleh persentase 95,56% dengan kriteria sangat valid; (2) hasil uji kepraktisan angket respon guru memperoleh persentase 97,50% dengan kriteria sangat praktis; (3) hasil uji kepraktisan angket respon peserta didik memperoleh persentase 99% dengan kriteria sangat praktis; (4) hasil uji keefektifan memperoleh persentase 100% dengan kriteria sangat efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa alat peraga puzzle pecahan telah memenuhi kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika, terutama dalam pembelajaran materi pecahan sederhana.

Full Text:

PDF

References


Muhali, “Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21,” J. Penelit. dan Pengkaji. Ilmu Pendidik. e-Saintika, vol. 3, no. 2, pp. 25–50, 2019.

F. Nasution, R. Wulandari, L. Anum, and A. Ridwan, “Variasi Individual dalam Pendidikan,” J. Edukasi Nonform., vol. 1, no. 1, pp. 146–156, 2023.

E. Ulinnuha, H. I. Latifa, K. D. Rosinta, and W. A. Dewi, “Pengembangan Media Pembelajaran Spinner Bulan Materi Waktu Untuk Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Polowijen 1,” J. Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidik., vol. 4, no. 7, pp. 2–6, 2024, doi: 10.17977/um065.v4.i7.2024.8.

S. Fitriani and A. Yarmayani, “Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” Mosharafa, vol. 7, no. 1, 2018.

A. S. R. Hutagaol, H. Nyama, and Warkitin, “Pengembangan Alat Peraga Papan Berpaku Matematika Kelas Iii Sdn 29 Sungai Puang,” J-PiMat, vol. 1, no. 2, pp. 79–90, 2019.

H. M. Sari and E. A. Afriansyah, “Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 3, 2020.

[D. R. Sari, N. F. Fuadiah, and N. Surmilasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Pecahan Sederhana Untuk Kelas III Sekolah Dasar,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 5, no. 1, pp. 74–83, 2024.

D. Savitri, A. Karim, and Hasbullah, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Mat. Mat. dan Stat., vol. 1, no. 2, pp. 63–75, 2020.

P. T. Aditya, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII,” J. Mat. Stat. Komputasi, vol. 15, no. 1, pp. 64–74, 2018.

T. D. Rahmawati, Wahyuningsih, and M. A. D. Getan, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” J. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 1, 2019.

Suharti, S. Sulasteri, F. Amelia, A. Sriyanti, and A. F. Majid, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Adobe Animate pada Materi Logika Matematika Kelas XI SMK Negeri 1 Gowa,” J. Penelit. Inov., vol. 4, no. 3, pp. 915–928, 2024.

S. Saputra, F. Juliansyah, and R. Ramdhani, “Workshop Pengenalan Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online Di Ikip Muhammadiyah Maumere,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, 2022.

P. Ayu, A. B. Anomeisa, and V. H. Ndori, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Persamaan Lingkaran,” J. Penelit. Inov., vol. 3, no. 2, pp. 415–422, 2023.

G. F. Khairunnisa, Y. Ismi, and N. Ilmi, “Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0,” J. Tadris Mat., vol. 3, no. November, pp. 131–140, 2020.

A. Robiana and H. Handoko, “Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 3, pp. 521–532, 2020.

A. Meinisa and Wasitohadi, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle di Sekolah Dasar,” J. Ris. Teknol. dan Inov. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 27–37, 2019.

S. R. Azizah, V. D. Susanti, and D. H. Irawan, “Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Penggunaan Alat Peraga Puzzle Pecahan Siswa Kelas 3,” J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 9, no. 2, pp. 157–166, 2023.

A. Luju, Wahyuningsih, M. Dhema, and M. E. Rusdin, “Pengaruh Alat Peraga Mobil-Mobilan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMPN I Bola,” J. Math. Educ., vol. 6, no. November, pp. 129–134, 2020.

D. N. Khoirunisa, M. S. D. Laksana, and T. W. Chasanatun, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo,” Pros. Konf. Ilm. Dasar, vol. 3, 2022.

R. Pudjiastuti, “Pemanfaatan Media Stratum Puzzle (Struktur Anatomi Tumbuhan Puzzle) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 1 Bangsri,” J. PPKM, pp. 206–212, 2018.

T. Rustini and M. S. Hadi, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Model Tetris Pecahan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDIT Bina Cendekia,” J. PERSEDA, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2024.

M. Kudsiah and M. Alwi, “Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Elem., vol. 3, no. 2, pp. 102–106, 2020.

A. Wulandari and R. N. Yuliandari, “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Lingkaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Educ. Integr. Dev., vol. 3, no. 1, 2023.

A. B. Anomeisa and D. Ernaningsih, “Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 05, no. 01, pp. 17–31, 2020.

R. Nurafifah, I. Rafianti, and N. Anriani, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Board Game ‘Guess The Number’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis,” J. Ilm. Pendidik. Mat. Mat. dan Stat., vol. 5, no. 1, 2024.

A. D. Sakti, Y. I. Putra, A. Sabir, and D. Fitria, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Tik,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 1–11, 2024.

N. P. W. Y. Pradiani, M. Turmuzi, and A. Fauzi, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 8, no. 3, pp. 1456–1469, 2023.

R. A. Sari and Y. Setiawan, “Pengembangan Media Manipulatif Kebun Hitung Pada Materi Penjumlahan Susun Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar,” J. Educ., vol. 10, no. 2, pp. 537–544, 2024.

S. E. Agustin, I. A. V. Yandari, and Y. Yuhana, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Edpuzzle Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 119–128, 2024.

W. M. Lestari and A. Salsabila, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Digital Materi Lingkaran Kelas VI SD Negeri Bluru Kidul 2 Sidoarjo,” Nusant. Educ. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 7–14, 2023.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.16046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta