Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model PBL Berbantuan Genially Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Cacah Kelas IVF SD Muhammadiyah Sokonandi 2

Dewi Rana Milenia Fitri, Trikinasih Handayani, Alpendi Alpendi, Kadarwati Kadarwati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Genially pada mata pelajaran matematika kelas IVF SD Muhammadiyah Sokonandi 2. Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Hasil penelitian di SD Muhammadiyah Sokonandi 2 menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Genially dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Genially hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 62,60 kemudian terdapat peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Genially mencapai nilai rata-rata 73,91 pada siklus 1 kemudian terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 84,34 pada siklus 2. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Genially dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IVF SD Muhammadiyah Sokonandi 2.

Full Text:

PDF

References


M. A. Akhmad, M. Mustari, M. A. Putra, T. A. Arif, I. Fadollah, dan A. Sila, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 10, no. 2, hal. 341–355, 2023, doi: 10.38048/jipcb.v10i2.1462.

R. Sukmawati, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01,” Glosains J. Sains Glob. Indones., vol. 2, no. 2, hal. 49–59, 2021, doi: 10.59784/glosains.v2i2.21.

Dahlia, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Pedagog. J. Ilm. Pendidik., vol. 14, no. 2, hal. 59–64, 2022, doi: 10.61798/get.v1i2.43.

H. Husnidar dan R. Hayati, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa,” Asimetris J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 2, no. 2, hal. 67–72, 2021, doi: 10.51179/asimetris.v2i2.811.

A. Dewi Astuti, E. Rahmawati, A. D. Evitasari, S. Utaminingtyas, dan F. Musyadad, “Pendampingan Motivasi Belajar Melalui Media Genial Pasca Pandemi Covid Pada Siswa Smk Muhammadiyah 2 Wates,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 4, hal. 894–901, 2022, doi: 10.31949/jb.v3i4.3416.

N. Khoirun Ni’mah, W. Warsiman, dan T. Hermiati, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Malang,” J. Metamorf., vol. 10, no. 1, hal. 1–10, 2022, doi: 10.46244/metamorfosa.v10i1.1731.

J. Enstein, V. R. Bulu, dan R. L. Nahak, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 01, hal. 101–109, 2022, doi: 10.57008/jjp.v2i01.150.

N. O. Anggraeni, E. Mulyasari, dan S. D. Gazella, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Permainan Ular Tangga Digital pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 3 Sekolah Dasar,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 8, no. 2, hal. 495, 2024, doi: 10.35931/am.v8i2.3443.

N. Fatma dan Ichsan, “Penerapan Media Pembelajaran Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah,” Genderang Asa J. Prim. Educ., vol. 3, no. 2, hal. 50–59, 2022, doi: 10.47766/ga.v3i2.955.

M. Yustiningrum, L. N. A. B. Dina, dan D. W. Ertanti, “Implementasi Media Genially Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Di Sd Negeri 1 Tulusbesar Kabupaten Malang,” J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, 2024.

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

K. Aini, “Analisis Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Covid 19,” J. Stud. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, hal. 218–228, 2021, doi: 10.55936/mauizhah.v11i1.53.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta