Pengembangan E-Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Topik Makanan Daerah Khas Yogyakarta Bagi Siswa Sekolah Dasar

Mar’atu Zahra, Fitri Indriani

Abstract


Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah inisiatif pendidikan yang mengintegrasikan kurikulum merdeka untuk membentuk siswa yang kreatif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal khususnya pada topik makanan khas Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba produk dilakukan di SD N 1 Jetis dan SDIT Insan Utama Yogyakarta, dengan data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan E-modul P5 dimulai dari menganalisis kebutuhan guru dan siswa. Kemudian E-modul di desain menggunakan aplikasi canva sesuai flowchart. Pada tahap pengembangan ini, E-modul dinilai oleh para ahli. Setelah produk layak, dilakukan implementasi uji coba produk ke sekolah dasar. Tahap terakhir, peneliti melakukan evaluasi dan perbaikan E-modul agar lebih layak digunakan. Berdasarkan uji kelayakan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli pembelajaran didapatkan nilai kelayakan 85,74 kategori baik dan layak. Sedangkan dari guru dan siswa mendapatkan nilai rata-rata respon 95,05 dengan kategori sangat baik dan sangat layak. Adapun E-modul ini mendapatkan respons positif dari guru karena dinilai dapat menarik minat belajar dan kreativitas siswa. Menurut siswa, E-modul ini dapat menambah semangat belajar dan menyenangkan sehingga memotivasi untuk belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan, E-modul P5 Tema Kearifan Lokal Materi Makanan Daerah Khas Yogyakarta layak digunakan untuk siswa sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


K. A. A. Bakar, I. H. Noor, and W. Widodo, “Penumbuhan Nilai Karakter Nasionalis Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Jayapura Papua,” Cakrawala Pendidik., vol. 37, no. 1, pp. 42–56, 2018.

A. Rifaâ, S. D. W. Prajanti, and M. Y. Alimi, “Pembentukan karakter nasionalisme melalui pembelajaran pendidikan Aswaja pada siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang,” J. Educ. Soc. Stud., vol. 6, no. 1, pp. 7–19, 2017.

S. Saepuddin, “Pancasila Values As Basic Values for Elementary School Students in the National Education System,” J. Basicedu, vol. 7, no. 6, pp. 3358–3367, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i6.6376.

Angga, Asep Herry Hernawan, and Tita Mulyati, “Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila,” J. Elem. Edukasia, vol. 6, no. 3, pp. 1290–1299, 2023, doi: 10.31949/jee.v6i3.6107.

L. Leonardo, “Diplomasi Budaya Korea Selatan Dan Implikasinya Terhadap Hubungan Bilateral Korea Selatan - Indonesia,” Glob. Polit. Stud. J., vol. 3, no. 1, pp. 1–32, 2019, doi: 10.34010/gpsjournal.v3i1.1997.

Durrotunnisa and H. R. Nur, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3(2), 524–532, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

F. S. Wahyuningsih, P. Khairani, and F. R. Sitorus, “PENERAPAN KEARIFAN LOKAL SYAIR MANOE PUCOK MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5),” J. Bhs. Indones. Prima, vol. 5, no. 2, pp. 108–118, 2023.

S. Suttrisno and F. Z. Rofi’ah, “Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro,” Pionir J. Pendidik., vol. 12, no. 1, 2023.

S. Lestari, “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–100, 2018, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

N. Putu, D. Sri, I. G. Astawan, and B. R. Werang, “Pengembangan Game Edukasi Interaktif Fraksimatika Berpendekatan PMRI untuk Siswa Kelas V SD,” vol. 6, no. 3, pp. 1968–1979, 2024.

Z. B. Waidah and S. Sawitri, “Pengembangan Modul Elektronik Dasar Desain sebagai Bantuan Belajar Mandiri untuk Kelas X SMK,” Fash. Fash. Educ. J., vol. 9, no. 2, pp. 105–110, 2020.

I. Nurasiah, A. Marini, M. Nafiah, and N. Rachmawati, “Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3639–3648, 2022.

W. O. Susilawati, M. Anggrayni, and K. Kustina, Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar, vol. 3, no. 2. 2023, pp. 9799–9812.

D. S. Damayanti and P. I. Perdana, “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik (EMOTIK) Berbasis Flipbook pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7, no. 5, pp. 2886–2897, 2023.

F. Hidayat and N. Muhamad, “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning,” J. Inov. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 28–37, 2021.

J. Jamaludin, “Analisa Perhitungan Dan Pemilihan Load Cell Pada Rancang Bangun Alat Uji Tarik Kapasitas 3 Ton,” Mot. Bakar J. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, pp. 22–25, 2018, doi: 10.31000/mbjtm.v2i2.2719.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta