Game edukasi match adventure sebagai alat bantu pembelajaran matematika materi bangun ruang prisma sekolah dasar siswa kelas VI

Zila Razilu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menilai kelayakan game edukasi "Match Adventure" sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas VI di SDN 28 Kampung Baru, Kabupaten Bombana. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Validasi ahli materi menunjukkan hasil 99,0%, ahli media 96,0%, dan uji coba lapangan mencapai 99,51%, yang menunjukkan bahwa game ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah game edukasi yang dikembangkan dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi bangun ruang prisma dan meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., ... & Suseni, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0.”

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 65–77. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.271

Cahya, agus dwi, Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME: Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.861

Drs. Arief Sidharta, M. P. (2015). Media Pembelajaran. Journal Academia Accelerating the World’s Research, 1, 1–29.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hasanah, U., Safitri, Islamiani, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. 1(3), 204–211.

Heckman. (2016). Penelitian Research and Development. Angewandte Chemie International Edition.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Mubarak, A. K. (2020). Pengaruh Media Visual Diam Miniatur Terhadap Kreativitas Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Samuda Mentaya 5-7. https://edarxiv.org/2ywhk/%0Ahttps://edarxiv.org/2ywhk/download?format=pdf

Nur Habibie, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Untuk Belajar Mandiri Pada Kompetensi Dasar Hidrolik Dan Komponen Hidrolik Siswa Smk Negeri 3 Wonosari. januari, 1–14.

Nurliana Nasution, Ferdiansyah Bakri Nasution, & Hasan, M. A. (2023). Pkm Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Menggunakan Construct 3 Untuk Siswa Smk N 8 Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.13175

Nurrita, T. (2018a). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Nurrita, T. (2018b). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Permatasari, S., Asikin, M., & Dewi, N. R. (2022). MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3. Indonesian Journal of Computer Science, 11(1), 233–245. https://doi.org/10.33022/ijcs.v11i1.3025

Rahma, & Nurhayati. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. 2(1).

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 2. https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i1.198

Ramdhan, I. Y. (2015). Pengembangan Game Edukasi Bergenre Platformer Game Pada Materi Jaringan Dasar Pengenalan Perangkat Keras Jaringan Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Rasagama, I. G. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Getaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(2), 91. https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.91-101

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adventure Game Pada Materi Prinsip Animasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Surajiyo. (2017). Sejarah, Klasifikasi Dan Strategi Perkembangan Ilmu Pengetahuan. 1–8.

Utomo. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Kuadrat Menggunakan Adobe Flash Cs6. 2–16. http://repository.radenfatah.ac.id/5765/%0Ahttp://repository.radenfatah.ac.id/5765/1/BAB I.pdf

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MaPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. 22(1), 95–100.

zulfitri, Ansarullah, R. F. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta