Startegi digital branding platform DRAIV dalam meningkatkan pengguna aplikasi di Kabupaten Banggai

Syahlia Sudirman, Suanti Tunggala, Ken Amasita Saadjad

Abstract


Perkembangan industri jasa di Indonesia berkembang dengan pesat, terkhususnya bidang jasa trasportasi. Saat ini tak hanya terdapat jasa transportasi konvensional namun juga hadir jasa transportasi online yang merupakan wujud dari perkembangan teknologi yang dinamis. Sebagai salah satu Starup local, Draiv melaksanakan digital branding agar dapat terus eksis dan mampu bersaing di tengah banyaknya kompetitor transportasi online baru di Kabupaten Banggai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi digital branding dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah terhadap Draiv cabang Luwuk Banggai. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara terstruktur Draiv tidak merancang strategi digital branding namun, Draiv telah melaksanakan digital branding berdasarkan pada strategi digital branding mulai dari website, logo dan sosial media lalu, pada pelaksanaan SEO, email marketing dan influencer marketing pada saat ini Draiv tidak melaksanakannya. Maka dari itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa strategi digital branding platform Draiv melaksankan starategi digital barnding menggunakan website, logo dan media social.


Full Text:

PDF PDF

References


Cangara, H. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi (Cetakan Keempat). In Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches (4th Edition ed.). Sage Publishing.

Fadillah, D., Nuryana, Z., & -, S. (2020). Public Opinion of the facial recognition policy in China by Indonesian Student in Nanjing City. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(04), 1645–1652. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I4/PR201272

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222.

Faradies, H. I. (2020). Strategi komunikasi city branding pemerintah kota Pekalongan dalam mempromosikan world’s city of Batik. COMMICAST, 1(1), 20. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i1.2413

Guerreiro, C., Viegas, M., & Guerreiro, M. (2019). Social networks and digital influencers: Their role in customer decision journey in tourism. Journal of Spatial and …. https://www.jsod-cieo.net/journal/index.php/jsod/article/view/198

Idowu, S. O., & Sitnikov, C. (2020). Essential Issues in Corporate Social Responsibility: New Insights and Recent Issues. In Springer Nature Switzerland.

Jovita, C. (2017). media sosialinstagram sebagai media promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen.

Lestari, A. (2018). social media branding strategy in starup business: a case of picpack.

Nugraha, S. D. U. (2019). Strategi Digital Branding Media Sosial Instagram PT Kereta Api Indonesia.

Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7–52.

Panjaitan, F. R., & Harahap, M. S. (2021). Community opinion on the personal brand of Bobby Nasution to Prospective Medan Mayor in 2020. Commicast, 2(1), 76. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i1.3152

Pribadi, A., & Nasution, N. (2021). Digital transformation to the sustainability of public relations profession in the era of disruption. Commicast, 2(1), 52. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i1.3149

Putri, R. D. (2020). Strategi komunikasi rumah kreatif sleman dalam upaya pengembangan UMKM di era ekonomi digital. COMMICAST, 1(1), 14. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i1.2412

Rahayu, M. (2019). Pengaruh Service Quality dan Word of Mouth Terhadap Repurchase Intention Pengguna Transportasi Online Gojek DI Kota Payakumbuh. 1–11.

Rowles, D. (2017). Digital branding : A Complete Step-by-Step Guide to Strategy, Tactics, Tools and Measurement. Kogan Page. https://doi.org/10.24158/pep.2019.11.14

Sejarah Draiv Starup Transportasi Banggai Menuju Sukses. (2022). Kabar Luwuk.

Sugiyono. (2018). Metode Penenlitian. In Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.

Syahrul, H., & Ishadi, S. K. (2020). Strategi Digital Branding pada Startup Social Crownfunding. Komunikatif, 9(1), 19–33.

The Impact of Digitalization on Business Communication. (2016). SEA: Practical Application of Science, IV(11 (2/2016)).

Utami, N. T. (2022). The role of social media instagram community to tourism promotion in Baubau city. COMMICAST, 3(1), 67–74.

Utami, R. P. (2021). Pengertian, contoh, konsep dan strategi Digital Branding.

Visser, M., Sikkenga, B., & Berry, M. (2021). Digital Marketing Fundamentals: From Strategy to ROI. In Digital Marketing Fundamentals: From Strategy to ROI. https://doi.org/10.4324/9781003203650

Yunus, D. U. (2019). Digital branding, Teori dan Praktik. In D. U. Yunus (Ed.), Bandung (Issue 11). PT Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.24158/pep.2019.11.14




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.