Penerapan digital parenting orang tua terhadap anak di era new normal

Faisal Bayu Ajie, Sidiq Setyawan

Abstract


Perubahan proses belajar mengajar yang memaksakan orang tua untuk memperkenalkan gadget secara tidak langsung merubah kehidupan seorang anak, jika dulu seorang anak hanya kenal dengan dunia bermain di lingkungan sekitar maka sekarang anak tidak bisa lepas dari media digital. Digital parenting adalah pemberian batas yang tegas kepada anak mengenai hal yang tidak dibolehkan saat mempergunakan media digital dengan cara orang tua mengontrol aktivitas anak dalam penggunaannya. Perbedaan pola asuh pada saat pandemi dan new normal membuat orang tua kewalahan terhadap sistem pembelajaran yang berubah. Pada saat pandemi orang tua bersama anak berada di rumah memasuki new normal orang tua bertanggung jawab dalam mengasuh dan bekerja. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam memberi aturan dan mendampingi anak dalam menggunakan media digital di era new normal. Penelitian ini terdiri dari empat narasumber yaitu dua orang tua dengan metode yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi untuk mendapatkan jawaban. Berdasarkan hasil data yang diperoleh peneliti memperlihatkan bahwa orang tua lebih cenderung melarang dari pada melihat dampak buruk dari penggunaan media digital. Pola asuh tersebut dilakukan dengan cara: pembatasan durasi bermain gadget anak, pengalihan aktivitas anak, pemberian aturan terhadap konten yang akan mereka akses. Adapun pola asuh yang diimplementasikan seringkali oleh orang tua yakni mediasi restriktif. Lain dari itu ada beberapa mediasi digunakan oleh orang tua antara lain : mediasi aktif, mediasi restriktif dan penggunaan bersama.


Full Text:

PDF

References


Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 97–110. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120

Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini Di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i2.8966

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola asuh orang tua pada anak di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 4(1), 2433–2441.

Ervalna, N. N., Rapani, R., & Izzatika, A. (2021). Hubungan Peran Orang Tua dalam Pendampingan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Anak di Era New Normal Pandemi Covid-19. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–19. https://doi.org/10.23960/pdg.v9i1.23167

Gunawan, M. A. A. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekoloah Di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyunyamik, 1–127.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Indri Murniawaty, Dwi Puji Astuti, Ahmad Sehabuddin, D. C. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran Online di Sekolah Menengah Pertama Kota Semarang The Effects of Covid-19 towards Online Learning on Junior. 1, 1–5. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.71

Jadid, U. N. (2022). ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBALAJARAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI Keywords : Parenting , e-learning , covid-19 Abstrak. 10.

Jandevi, U., & Zareen, M. (2020). Cross-cultural communication of the Indonesian students in China. International Journal of Communication and Society, 2(2), 79–85. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i2.96

Kriyantoro, R. (2014). “Teknik Praktis Riset Komunikasi.” Teknik Praktis Riset Komunikasi by Rachmat Kriyantoro154.

Kusumastuti, F., Astuti, S. I., Astuti, Y. D., Birowo, M. A., Esti, L., Hartanti, P., Made, N., Amanda, R., & Kurnia, N. (2021). Modul Etis bermedia digital.

Livingstone, S., Mascheroni, G., & Staksrud, E. (2018). European research on children’s internet use: Assessing the past and anticipating the future. New Media and Society, 20(3), 1103–1122. https://doi.org/10.1177/1461444816685930

Mascheroni, G., Ponte, C., & Jorge, A. (2018). DIGITAL PARENTING The Challenges for Families in the Digital Age. In DIGITAL PARENTING The Challenges for Families in the Digital Age (Issue Yearbook 2018).

Ofori, D. . (2020). ketrampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital pada masa adaptasi kebiaasaan baru. Molecules, 2(1), 1–12.

Pratiwi, H., & Hasanah, N. I. (2022). Disiplin digital dan mediasi media oleh orang tua pada anak usia dini saat pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Sosial, 20(1), 25–35. https://doi.org/10.7454/jps.2022.05

Pratiwi, M. R., Indrayani, H., & Amalia, S. (2020). Optimasi Pola Pengasuhan Digital dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 76. https://doi.org/10.33021/exp.v3i1.1012

Raco, J. (2018). "Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristik Dan Keunggulan. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj.

Resly, I. V. (2018). Hubungan Screen Time Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah di SD Negeri Wonosari Baru Gunungkidul. 1–12.

S, S. (2020). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Perspektif Islam. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 17–30. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v5i1.567

S, V. D., Denniz, M., & Lestari, F. I. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dengan Anak Ketergantungan Gawai Pada Masa New Normal. 1, 51–61.

Saepul, U., & Manshur, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit (Effectiveness of Discrete Mathematics Learning in New Normal Era on Student’s Learning Achievement). Uniqbu Journal Of Exact Sciences (UJES), 1(1), 41–45.

Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi * Corresponding Author Pendahuluan Gadget diartikan sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengakses atau menjalankan suatu program tertentu yang menarik dan ber. 2(2), 267–289.

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781

Solicha, F. N., Safitri, D., & Kurniawan, N. (2020). Peran Orangtua Dalam Menentukan Pilihan Kuliah Anak. Edukasi IPS, 4(2), 8–17.

Sugiyono 2013. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan tindakan.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133.

Tola, yeza piti. (2020). DIGITAL PARENTING PADA ANAK USIA DINI DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 Yeza Piti Tola Pascasarjana Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Negeri Padang Nenny Mahyuddin Pascasarjana Program Studi Pendidikan Anak U. 1.

Topper, C., & Topper, C. (2017). “Parental Perception of Mobile Device Usage in Children and Social Competency.”

Wathon, muhammad nasrul. (2020). No Title. 5(September 2021), 315–332.




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.