Analisis isi konten tv komunitas Grabag tv

Affa Dwi Rachmawati, Lisna Novita

Abstract


Paper ini membahas mengenai konten yang diproduksi oleh TV Komunitas pertama di Indonesia yaitu Grabag TV.  Grabag TV terletak di Dusun Ponggol 1 RT.04/RW.02, Desa Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Grabag TV juga menjadi salah satu pelopor berdirinya Asosiasi Televisi Komunitas Indonesia (ATKI). Grabag TV menayangkan konten khasnya yaitu dengan berusaha menyiarkan konten-konten lokal yang ada di masyarakat sekitar Grabag, dengan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal seperti kesenian, pertanian, pendidikan, maupun kewirausahaan yang dikembangkan oleh masyarakat Grabag. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi konten yang ditayangkan oleh Grabag TV. Paper ini akan dijelaskan dengan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan meliputi, penyajian data dalam konten yang diproduksi oleh Grabag TV. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data yang didapat selama kegiatan magang dan terlibat dalam proses produksi konten tersebut. Salah satu konten yang diproduksi oleh Grabag TV adalah feature mengenai budidaya ikan koi.

 

Full Text:

PDF

References


Agusti, R., & Anggoro, A. D. (2021). Analisis media relations dinas Kominfo kabupaten Ponorogo (studi tentang kesesuaian isi press release pemberitaan Covid-19 di Ponorogo pada media massa). COMMICAST, 2(2), 133–138.

Arnus, S. H., & Utomo, A. P. (2018). Komodifikasi Agama Pada Tayangan Reality Show Dan Sinetron Pada Stasiun Televisi Swasta Indonesia. Al-MUNZIR, 11(2).

Harahap, E. P. (2020). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 10(2), 50–59.

Jelantik, S. K. (2022). ANALISIS KONTEN YOUTUBE HINDU DHARMA DALAM. 3.

Noviyanto, K. (2020). PERGESERAN MEDIA PENYIARAN ISLAM DI TENGAH WABAH CORONAVIRUS DISEASE 2019 (Studi Analisis Konten Channel Youtube Penyiar Islam). Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2). https://doi.org/10.31602/jm.v3i2.3711

Pangestu, P., & Fahma, F. (2019). Implementasi Six Sigma dalam Peningkatan Kualitas Proses Produksi LED TV di PT Sharp Electronics Indonesia. PERFORMA Media Ilmiah Teknik Industri, 17(2). https://doi.org/10.20961/performa.17.2.30178

Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2019). STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA BARU NET. TV. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1). https://doi.org/10.31445/jskm.2019.1770

Wahid, U. M., & Rizki, M. F. (2018). Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu Televisi Lokal Melalui Budaya Lokal. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 160. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.15821

Wati, L., & Setiawan, R. (2020). DRAMATURGI CONTENT CREATOR DALAM PRESENTASI DIRI DI INSTAGRAM (Studi Etnografi Virtual Pada akun Instagram @bangijal_tv). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(2). https://doi.org/10.33592/dk.v7i2.356

Widyatama, R. (2020). Jangkauan Siaran Televisi Swasta di Indonesia. Communicare : Journal of Communication Studies, 7(2). https://doi.org/10.37535/101007220206




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.