Representasi perempuan Indonesia dalam iklan citra versi “Citra Cantik Indonesia” 2021

Hesti Ningrum Safitri, Indah Wenerda

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan berbagai macam dampak bagi masyarakat. Media massa sebagai bukti perkembangan tersebut turut hadir dan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena ini membuat penyebaran informasi dalam skala nasional hingga internasional terjadi dengan begitu cepat. Televisi menjadi salah satu media favorit bagi produsen untuk memasang iklan karena kemampuannya yang dapat menjangkau publik luas dengan tempo singkat. Kemampuan ini membuat iklan juga menjadi alat untuk menyebarkan berbagai paham dan persepsi. Perempuan dan kecantikan adalah dua hal yang memiliki kaitan erat. Cantik adalah hal yang relatif. Namun, pengaruh iklan yang selalu memvisualkan perempuan dengan fisik yang menarik membuat definisi cantik di masyarakat menjadi sempit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi perempuan Indonesia dalam iklan Citra versi “Citra Cantik Indonesia”. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah iklan Citra versi “Citra Cantik Indonesia”. Teknik yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data adalah yang observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna cantik menurut pandangan Citra adalah perempuan yang memiliki kulit cerah, bersih, halus, lembut, lembab terhidrasi, rambut hitam yang berkilau, wajah tirus, dagu yang lancip, punggung mulus, postur tubuh yang ramping langsing, serta leher yang jenjang.

Full Text:

PDF

References


Annisa, F. N. (2021). Konvergensi media pada perkembangan radio komersial di Yogyakarta (studi kasus pada radio Geronimo FM dan radio Swaragama FM). Commicast, 2(2), 90. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i2.3350

Asghary, H. (2020). Strategi komunikasi pariwisata dinas pariwisata kabupaten Bima dalam meningkatkan minat wisatawan. COMMICAST, 1(1), 6. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i1.2410

Auli, M., & Jamiah, R. (2017). DOMINASI PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI: STEREOTIP GENDER DALAM IKLAN TELEVISI PADA SCTV. JURNAL ANALISIS SOSIAL POLITIK, 1 NO. 2.

Danilo Gomes de Arruda. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1(12), 6.

Fabianti, R. H., & Putra, F. D. (2021). An analysis of feminism in the movie “The Hunting Ground” reviewed from the semiotics of John Viske. Commicast, 2(2), 130–132. https://doi.org/10.12928/commicast.v

Fadillah, D. (2015). MODEL KOMUNIKASI “WOM” SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN EFEKTIF. HUMANIKA, 15(1). https://doi.org/10.21831/hum.v15i1.7642

Fitriani, D. N. (2018). Kajian Tentang Oral Document: Tinjauan pada Gerakan Dokumentalis Baru. In Visi Pustaka (Vol. 20, Issue 1, pp. 23–33).

Hapsari, D. (2020). MAKNA KECANTIKAN WANITA MUSLIMAH DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE IKLAN WARDAH VERSI “CANTIK DARI HATI” MELALUI YOUTUBE. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hawali, B. G. M., & Cyrielle, D. (2020). Review of mass media effect in inter-cultural communication. International Journal of Communication and Society, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i2.153

Ho, S. S. (2012). The knowledge gap hypothesis in Singapore: The roles of socioeconomic status, mass media, and interpersonal discussion on public knowledge of the H1N1 flu pandemic. Mass Communication and Society, 15(5). https://doi.org/10.1080/15205436.2011.616275

Jaya, M. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Komunikasi. QAULAN: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran ….

Nurimba, Y. (2020). PESAN MORAL DALAM IKLAN TELEVISI Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Rokok Apache Versi Hidup Gue Cara Gue. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Pencarelli, T. (2020). The digital revolution in the travel and tourism industry. Information Technology and Tourism, 22(3). https://doi.org/10.1007/s40558-019-00160-3

Prayogo, N. U. (2021). ANALISIS FRAMING ROBERT N ENTMAN PADA PEMBERITAAN HOAX SEPUTAR “VAKSIN COVID 19” DI MEDIA ONLINE LIPUTAN 6.COM DAN KOMPAS.COM PADA 22 JUNI DAN 18 FEBRUARI 2021. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Satria, A. B. (2020). REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN SHOPEE VERSI CRISTIANO RONALDO DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Menurut Roland Barthes). UNIVERSITAS PEMBANGUNAN "VETERAN YOGYAKARTA.

Sulastri, R. T., & Herdiningsih, W. (2019). Komunikasi Corporate Social Responsibility Melalui Media Massa Online. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2). https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v11i2.1212

Vetrix, E. E. (2021). PEMAKNAAN ANGGOTA FANS BTS TENTANG KATA LOVE MYSELF. Universitas Multimedia Nusantara.

Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM FILM BINTANG KETJIL KARYA WIM UMBOH DAN MISBACH YUSA BIRA. Dinamika Ilmu Komunikasi, 1 Nomor 1.

Wijayanti. (2020). INTERPRETASI MAKNA KECANTIKAN GENERASI Z (Studi Kasus Pemenang Miss Universe 2019 Dari Afrika Selatan).

Wiriandi, F. R. (2018). PERANCANGAN COMPANY PROFILE KELURAHAN TUGU SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEPADA PUBLIK EKSTERNAL. Universitas Bina Sarana Informatika.




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.