Iklan Gojek dan makna transportasi online

Mohammad Ya'isy Ghifari, Oktaviana Purnamasari

Abstract



Industri periklanan yang saat ini semakin berkembang telah menghasilkan berbagai macam konten iklan secara kreatif. Salah satu iklan dengan pendekatan berbeda yang ditayangkan di televisi, Youtube dan media sosial lainnya adalah iklan dari perusahaan transportasi online Gojek. Iklan Gojek dikemas dalam konsep yang cerdas, kreatif dan memiliki selera humor. Hal ini menarik untuk dikaji dalam konteks pemaknaan tanda-tanda di dalamnya. Tanda-tanda adalah bahasa yang dikonstruksi yang memiliki makna sesuai dengan hasil konstruksi sosial dan budaya tertentu. Gojek menghadirkan iklan '#SebelumGojek' untuk menyampaikan pesan dan makna tertentu dalam visual, audio, narasi dan tagline. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanda dan makna melalui Sign, Object, Interpretant iklan Gojek versi '#SebelumGojek'. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode Semiotika Charles Sanders Peirce. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis. Objek yang diteliti adalah iklan '#SebelumGojek' yang berdurasi 15 detik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gojek mengkonstruksi realitas keseharian nyata yang ada di masyarakat sebelum hadirnya layanan transportasi online. Kesulitan membeli barang dan makanan sebelum adanya layanan transportasi online dikemas oleh Gojek dalam iklan yang menampilkan dirinya sebagai pahlawan yang mampu menyelesaikan masalah konsumen. Pendekatan yang digunakan juga berbasis humor. Hal ini membuat iklan Gojek menarik untuk ditonton dan tampil berbeda dari iklan televisi lainnya.

Full Text:

PDF

References


Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). strategi pemasaran. Cakrawala - Jurnal Humaniora. https://doi.org/10.31294/JC.V18I2.4117

Bungin Burhan. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologi Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. In METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF AKTUALISASI METODOLOGIS KE ARAH RAGAM VARIAN KONTEMPORER.

Cangara Hafied. (2020). Perencanaan & Strategi Komunikasi. In Rajawali Pers.

Damayanti, N. (2021). Strategi Bertahan Pengemudi Ojol di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. Emik, 4(1). https://doi.org/10.46918/emik.v4i1.853

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, 15(2).

Diani, P. S. (n.d.). Various CSR practices PT. Grab Indonesia during the Covid-19 pandemic.

Fadillah, D., Farihanto, M. N., & Setiawan, R. A. D. (2022). “Senggol Bestie” as Media Promotion Among Muhammadiyah Universities. Komunikator, 14(2), 148–158.

Hidayat, R., & Rahmat, R. (2018). Analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran pada perusahaan server pulsa di Kota Batam (studi kasus pada CV. Star Pratama). Journal of Applied Business …. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/745

Idawati, I., Frandika, E., & Fahrudin, S. (2021). SEMIOTIKA PIERCE DALAM RAHASIA CINTA DAN RESONANSI INDONESIA KARYA AHMADUN YOSI HERFANDA. JURNAL PESONA, 7(2). https://doi.org/10.52657/jp.v7i2.1500

Ivana, I. D. K., & Islam, M. (2022). Analysis of PT Grab Indonesia’s CSR strategy in facing cuts and capital management during the pandemic. COMMICAST, 3(2), 61–69.

Jati Kusuma, M. I. (2019). Messages of parents affection for children in the movie bulan terbelah di langit amerika. International Journal of Communication and Society, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i2.47

Khomsahrial, R. (2016). Kom Dan Realitas Sosial. Ilmu Komunikasi.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasatan Produk Consumer Goods. In Jurnal Komunikasi.

Luzar, L. C. (2015). Teori Konstruksi Realitas Sosial. Binus.Ac.Id.

Malindo, A. A. (2020). Jalan Tak Berujung: Makna Logo Grab Indonesia. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.25008/jpi.v2i2.49

Nasirin, C., & Pithaloka, D. (2022). Analisis Semiotika Konsep Kekerasan Dalam Film The Raid 2 : Berandal. Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 28–43.

Oktafiandi, I. (2018). Strategi kreatif iklan “kisah legenda nusantara” dalam menumbuhkan brand awareness indoeskrim nusantara. In Jurnal Visi Komunikasi.

Sakinah, Alfiqri, H. (2020). Analysis of Icons, Indexes, and Symbols in Youtube Advertisement of Wardah Perfect Bright Creamy Foam Facial Wash. Apollo Project, 9(1).

Salsabila, K. U., & Jamiati, K. N. (2022). The creativity of the J3K version of the Gojek advertisement in the covid 19 pandemic era. COMMICAST, 3(1), 33–41.

Santoso, P. (2016). Konstruksi Sosial Media Massa. Al-Balaqh.

Septiani, N. A. (2020). Pelacur dalam Catatan Seorang Pelacur karya Putu Jaya Arya Tirthawirya dalam Cerita Pendek Indonesia 4. Commicast, 1(2), 56. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i2.2977

Silva, N., & Morais, D. (2020). Marketing digital através da ferramenta Instagram Digital marketing through the Instagram tool. E-Acadêmica, 2020.

Sitti, N. (2020). Manajemen Sumberdaya Manusia di Era Revolusi Industri 4.0. In Nas Media Pustaka.

Veza, O., & Safira, E. (2020). Perancangan Video Iklan Promosi Di Perusahaan Kaos Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. In Engineering and Technology International Journal.

Visentin, M., Pizzi, G., & Pichierri, M. (2019). Fake news, real problems for brands: The impact of content truthfulness and source credibility on consumers’ behavioral intentions toward the advertised brands. … of Interactive Marketing. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2018.09.001




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.