Analisis event organizer Jawa Pos dalam pengelolaan hari jadi ke 77 Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Muhammad Aditya Fitriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui secara detail mengenai faktor - faktor bagaimana berjalannya atau kinerja jawapos Event Organizer dalam mengelola Event Hari Jadi Ke 77 Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2022. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep lima tahap manajemen event Joe Goldblatt (2013), yaitu Research(riset) dimana panitia event melakukan observasi atau terjun langsung di lapangan sebelum event itu dimulai agar event tersebut berjalan dengan baik. Design(desain)menentukan bagaimana perencanaan konsep dan tema tersebut supayaevent Hut Jatim Ke 77 ini semakin menarik dan memacing banyak animo masyarakat. Planning (perencanaan) merencanakan sebuah strategi untuk menggaet minat para peserta dimana salah satunya mengadakan lomba kontes Volkswagen & Vespa dengan beberapa kategori. Coordinating(koordinasi) dimana sebelum event ini berjalan para panitia sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak seperti Sponsor, Organized, Supported, vendor dan tidak hanya itu saja panitia juga harus koordinasi dengan beberapa instansi jawatimur seperti pemprov, pemkab, dinas daerah, bpbd dan juga kepolisiaan untuk perizinan event tersebut.Evaluation(evaluasi) untuk melakukan evaluasi dengan mengetahui bagaimana reaksi atau pendapat masyarakat melalui Media sosial setelah event tersebut selesai supaya dapat diketahui apa saja kekurangan dan kelebihan event ini untuk menjadi catatan dalam penyelenggaraan event selanjutnya supaya berjalan lebih baik lagi


Full Text:

PDF

References


Amanda, S. (2020a). Strategi Event Management PT Sinar Penata Acara sebagai Wadah bagi Komunitas (Studi Kasus: Nusatic 2019). Universitas Multimedia Nusantara.

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN EVENT ORGANIZER BRAND ACTIVATION BERBASIS WEB PADA PT. SNAPSINDO TUNGGAL PUTRA SKRIPSI. (n.d.).

Bidang, K., Memenuhi, D. U., Menyelesaikan, P., & Strata, P. (n.d.). Aplikasi Event Management pada acara GO-FOOD Culinary Festival with 50 Best Merchants dan Road to GO-FOOD Culinary Festival sebagai Communication Manager.

Brilian, R. N. (2020). SISTEM INFORMASI DAN MANAGEMENT EVENT BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN STRATEGI PEMASARAN DI …. Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Cristabella, J. (2021a). Social media management sebagai digital marketing communication tool pada the prestige event organizer.

de Putri, S. (n.d.). EVENT MANAGEMENT PENTAS SENI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI IDENTITAS SEKOLAH (STUDI KASUS EVENT NESTA FESTIVAL DI SMK NEGERI 1 KOTA TANGERANG).

Gonita, F. (2019). Peran PT. Quantum Asia PR Corpora sebagai Event Management dalam Pameran Mall To Mall Produk Aqua Japan untuk Meningkatkan Brand Awareness ….

Hamidi, H., & Putri, S. de. (2020a). EVENT MANAGEMENT PENTAS SENI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI IDENTITAS SEKOLAH. ADVIS (Journal of Advertising).

Haries Politeknik Negeri Padang alfatah, A., & Fitri Wulandari Politeknik Negeri Padang, pnpacid. (2021). TINJAUAN MANAJEMEN EVENT PASA HARAU ART & CULTURE FESTIVAL DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. 1(2).

Hasanti, I. D. (2019). Analisis Komunikasi Organisasi Antara Event Project Team dan Account Executive di Event Organizer Twisbless. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 32.

Irliani, H., & Diniati, A. (n.d.). ANALISIS MANAJEMEN EVENT TELKOM UNIVERSITY VIRTUAL RUN 2020.

Irsad, M., Mursityo, Y. T., Hayuhardhika, W., Putra, N., & Korespondensi, P. (2022). EVALUASI INCIDENT MANAGEMENT DAN EVENT MANAGEMENT PENGELOLA PUSAT SISTEM INFORMASI, INFRASTRUKTUR TI, DAN KEHUMASAN (PSIK) PADA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BRAWIJAYA MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL (Vol. 3, Issue 1).

Karmelia Kontessa, T., & Sutresna, A. (n.d.). Pemanfaatan kekuatan media dalam pengelolaan event: studi kasus pengelolaan event borobudur marathon.

LABIBA, A. (2019a). Strategi Brand Activation Dalam Mengembangkan Kinerja Bisnis BYPRO Indonesia Sebagai Event Management Company.

Lestari, C. I. (2018a). … PENGUNJUNG MENGENAI KOMUNIKASI EVENT MANAGEMENT ISMAYA LIVE DALAM UPAYA MEMBANGUN REPUTASI “WE THE FEST 2017” SEBAGAI ….

Maulana Isyak, F., & Satrio Wijaksono, D. (n.d.). PROSES MANAJEMEN VIRTUAL EVENT DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS THE 43 RD JAZZ GOES TO CAMPUS VIRTUAL FESTIVAL UNIVERSITAS INDONESIA) VIRTUAL EVENT MANAGEMENT PROCESS DURING THE COVID-19 PANDEMIC (CASE STUDY OF THE 43RD JAZZ GOES TO CAMPUS VIRTUAL FESTIVAL UNIVERSITY OF INDONESIA).

Mujahid, C. A., Santoso, N., & Pramono, D. (2019). Pengembangan Aplikasi Manajemen Event Pada Komunitas Bonsai Indonesia Berbasis Web. … Teknologi Informasi Dan Ilmu ….

Nandiwardhana, B., & Pradekso, T. (n.d.). Aplikasi Event Management Pada Acara Go-food Culinary Festival with 50 Best Merchants Dan Road to Go-food Culinary Festival Sebagai Communication Manager.

Naumenko, V. v, Petrova, T. M., Rachkov, V. E., & ... (2019a). Analysis of modern decisions in the field of safety event management. … Бизнес-Процессами в …. https://elibrary.ru/item.asp?id=37284446

Nova, F., Pratama, M. D., & Prayama, D. (2022). Wazuh sebagai Log Event Management dan Deteksi Celah Keamanan pada Server dari Serangan Dos. JITSI: Jurnal Ilmiah Teknologi ….

Nursiyam, F., & Ratnasari, A. (n.d.-a). Prosiding Manajemen Komunikasi Strategi Event Organizer dalam Menyelenggarakan Pameran The Strategy of Event Organizer to Held an Exhibition.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). In Jurnal Common | (Vol. 3).

Rehatta, A., Ayu, N. G., & Kurniasari, K. (n.d.). MANAJEMEN SEVEN EVENT DALAM MEMPUBLIKASIKAN EVENT GIIAS MELALUI AKUN INSTAGRAM @GIIAS_ID UNTUK MENARIK JUMLAH PENGUNJUNG.

Suci, T., Fitri, N., Lubis, E., Si, M., Ilmu, J., Fakultas, K., Sosial, I., Ilmu, D., Universitas, P., Kampus, R., Soebrantas, J. H. R., 12, K., & Pekanbaru, S. B. (2018). EVENT MARKETING URBAN GIGS SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PRODUK GG MILD DI PEKANBARU. In JOM FISIP (Vol. 5).

The 21 st Century Meeting and Event Technologies Powerful Tools for Better Planning, Marketing, and Evaluation. (n.d.).

Yolanda dan Rialdo Rezeky Manogari LToruan, A. (2021). Penyelenggaraan Event BRI Run Dalam Membangun Citra PT. Bank Rakyat Indonesia. In Jurnal Cyber PR (Vol. 1, Issue 1).

Yudhistira, M. F., & Diniati, A. (2021). Analisis Manajemen Event Pekan Olahraga Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom 2020. EProceedings ….




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.