Pembentukan Karakteristik Peserta Didik Dalam Sehari-Hari Di Sd Muhammadiyah Noyokerten
Abstract
Dalam aspek karakter, SD Muhammadiyah Noyokerten memberikan penekanan pada pembentukan akhlak dan nilai-nilai Islam. Peserta didik dituntut untuk mengembangkan sifat-sifat seperti disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan toleransi. Program ekstrakurikuler dan kegiatan kelas juga mendukung pengembangan karakter ini melalui berbagai aktivitas sosial dan spiritual. Penelitian dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif untuk mengidentifikasi berbagai aspek yang mempengaruhi perkembangan dan belajar anak-anak di sekolah tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik di SD Muhammadiyah Noyokerten memiliki beragam latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya. Dari segi ekonomi keluarga juga bervariasi, namun kebanyakan keluarga peserta didik memiliki tingkat pendapatan menengah ke bawah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajat Sudrajat, 2011, Jurnal Pendidikan Karakter, Mengapa Pendidikan Karakter?, Vol. 1 (1), Hal 47-58
Drs. Muchson AR., M. Pd. & Dr. Samsuri, M. Ag. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Edi Rohendi, 2020, Jurnal Pendidikan Dasar, Pendidikan Karakter Di Sekolah, Vol.3, No. 1
Eka Setiawati dkk, 2020, Pendidikan Karakter, Widina Bhakti Persada Bandung, Bandung
Hasan. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Litbang Puskur.
Nurdin. (2010). Pendidikan Karakter. Shautut Tarbiyah. Vol. 16, No. 1. Hal 69-89.
Pasal 1 (1) Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Subuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 9, No.1. Hal. 120-143.
Drs. Muchson AR., M. Pd. & Dr. Samsuri, M. Ag. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.