Strategi English For Fun Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri Di Kelas Bahasa Inggris Smk Muhammadiyah 2 Moyudan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan observasi bagaimana situasi siswa saat belajar Bahasa Inggris di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penulisan artikel ilmiah yang dilakukan bersifat kualitatif yaitu ditulis berdasarkan hasil wawancara serta pengamatan panca indra. Adapun narasumbernya adalah dua informan yang berada di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian dan observasi, bisa disimpulkan bahwa lingkungan yang hidup, menerima, dan menyenangkan adalah lingkungan yang efektif mendukung siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri serta kemampuan Bahasa Inggris-nya. Ditemukan bahwa strategi belajar English for Fun efektif untuk membangun rasa percaya diri mereka dalam belajar Bahasa Inggris.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damartha, F. V., Sasmita, N., Pendidikan, W., Perkantoran, A., & Ekonomi, F. (2018). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Peserta Didik Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk N 1 Tempel Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran - S1, 7(6), 578–588. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/adp-s1/article/view/12856
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hartono, R. (2016). Pembuatan Game Edu Kasi “English For Fun” Untuk Anak Kelas 1-2 Sd Berbasis Android Menggunakan Unity 3d. 7(2), 521–526.
Listyani, L.-, & Kristie, L. S. (2018). Teachers’ Strategies to Improve Students’ Self-Confidence in Speaking: A Study at Two Vocational Schools in Central Borneo. Register Journal, 11(2), 139. https://doi.org/10.18326/RGT.V11I2.139-153
Majid, A. H. (2017). Interaksi Kelas Dalam Pengajaran Bahasa. November, 255–263.
Mufidah, N. (2017). Strategi belajar berbicara bahasa inggris. 1–131. https://idr.uin-antasari.ac.id
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Sabaruddin, S., & Jafar, F. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris (Speaking) Pada Siswa Di Smk Pgri Minasatene Kabupaten Pangkep. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, 2, 831–839. http://103.100.84.74/index.php/proppnp/article/view/99
Stmik, M., & Nusa, J. (2022). Pelatihan Public Speaking Berbahasa Inggris Bagi Kaum Milenial Di Kota Padang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 139–145. https://doi.org/10.55382/Jurnalpustakamitra.V2I2.207
Susini, M., Ndruru, E., & Warmadewa, U. (2021). Strategi meningkatkan kemampuan berbahasa inggris 1,2. 1(2), 37–48.
Sya, M. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. 1, 352–356.
Refbacks
- There are currently no refbacks.