Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Smp Muhammadiyah Sewon Berbasis Window Shopping

Febriyanti Febriyanti, Umi Rokhyati, Rina Lestari

Abstract


Strategi pembelajaran bahasa Inggris berbasis Window Shopping penting diterapkan guna meningkatkan keaktifan peserta didik.  Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui perkembangan peserta didik akan aspek keterampilan berbahasa Inggris. Data-data yang diperoleh adalah hasil observasi dan wawancara terhadap guru terkait. Pelaksanaan observasi ini berbarengan dengan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di SMP Muhammadiyah Sewon, Bantul dengan objek pengamatan ialah siswa kelas VII B. Proses observasi dilakukan ketika proses pembelajaran berbasis Window Shopping sedang berlangsung dengan durasi dua jam pelajaran. Hasil observasi menunjukan bahawa strategi pembelajaran yang guru putuskan sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik yang ada di sana. Peserta didik menjadi aktif untuk berdiskusi dan memiliki rasa tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok. Dengan strategi pembelajaran seperti itu dirasa menyenangkan bagi siswa karena bebas untuk mengekspresikan diri dalam memperoleh informasi atau belajar.



Keywords


Pembelajaran Bahasa Inggris; Strategi Pembelajaran; Metode Window Shopping

Full Text:

PDF

References


Mhafudz MS. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya, SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), hal. 533.

Titisari. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks RecountMelalui ModelProblem Based LearningPada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1Secang Kabupaten Magelang Tahun 2021/2022, JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 32-33.

Thalib, dkk. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Window Shoppinguntuk Meningkatkan Minat Siswa Mengikuti Layanan Bimbingandan Konseling, Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 7(1), hal. 82.

Nuningsih, A., Nasir, M., & Olahairullah, O. (2022). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.JUPENJI, Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 78-84.

Novela, V., Siahaan, S. M., & Murniati, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Rasidi and Nuruddin, (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Windows Shopping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI UIN Mataram, JurnalElementary2, (2), 31–33.

Zam, (2021). Efektivitas Pembelajaran Mata Pelatihan Pelayanan Publik Dengan Metode Window Shopping Pada Latsar CPNS Kabupaten Kampar, Jurnal Educatio FKIP UNMA7, (3), 574–82.

Jumrawarsi, (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif, Ensiklopedia Education Review2, no. 3: 50–54.

Sulistijati, (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Materi Perkembangan Dunia Pasca Perang Dunia II Melalui Model Pembelajaran Aktif Window Shopping Kelas XII 8 Semester 1 SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2018/2019, Jurnal Dialetika FKIP2, no. 2: 63–74.

Yuwono, (2019). Studi Perbandingan Metode Pembelajaran Diskusi, Jigsaw, Dan Window Shopping Dalam Internalisasi Wawasan Kebangsaan, Jurnal Widya Climago1, no.1 : 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.