Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Sopan Santun Peserta Didik pada SMA Muhammadiyah Bantul

Anugrah Ainul Yakin, Sutarman Sutarman, Anggraini Jamilatun

Abstract


Penelitian ini membahas Pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak dalam mengembangkan karakter disiplin dan etika sopan siswa SMA Muhammadiyah Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana program tersebut berkontribusi terhadap perkembangan karakter siswa dan kemampuan mereka dalam menunjukkan disiplin dan sopan santun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis dokumen sebagai metode pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program sekolah ramah anak memiliki dampak positif dalam membentuk karakter siswa, termasuk disiplin dan sopan santun yang baik. Strategi program meliputi pembentukan aturan dan rutinitas yang jelas, promosi interaksi yang hormat dan inklusif, serta penyediaan lingkungan belajar yang mendukung. Faktor yang mendukung adalah kesadaran individu dalam lingkungan sekolah untuk secara konsisten menerapkan perilaku yang disiplin dan sopan. Namun, dalam upaya melaksanakan program Sekolah Ramah Anak yang bertujuan membentuk karakter disiplin dan sopan santun siswa di SMA Muhammadiyah Bantul, terdapat hambatan yakni kurangnya kerjasama antara sekolah dan orang tua, serta pengawasan guru yang kurang selama di sekolah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya implementasi program Sekolah Ramah Anak sebagai metode efektif dalam membentuk karakter disiplin dan sopan santun di kalangan siswa SMA, terutama di SMA Muhammadiyah Bantul.

Keywords


Sekolah Ramah Anak, Disiplin, Sopan Santun

Full Text:

PDF

References


Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan di bidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086

Hardhienata, S., & Retnowati, R. (2019). EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK. Jakad Media Publishing.

Joko Riyanto, J. R., Noor Miyono, & Ghufron Abdullah. (2022). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 1 Pemalang Kabupaten Pemalang. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 20–28. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i1.120

Kurniyawan, M. D., Sultoni, S., & Sunandar, A. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3, 192–198. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p192

Listiawati, Y., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2022). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak.

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20–29.

Putri, A., & Akmal, A. (2019). Sekolah Ramah Anak: Tantangan dan Implikasinya Terhadap Pemenuhan Hak Anak. Journal of Civic Education, 2(4), 228–235. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.190

Rosalin, L. N. (2015). Panduan sekolah ramah anak.

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.