Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al- Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan

Arvina Prakusa, Hanif Cahyo, Ulya Mariya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa penting bagi siswa di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dalam membaca Al- Qur’an, (2) mengetahui faktor kesulitan membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, dan (3) mengetahui peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Hasil penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan (1) sangatlah penting bagi siswa di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dalam membaca Al- Qur’an karena Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, (2) di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan sebagian siswa belum mengenali dan belum hafal huruf hijaiyah, dan tidak ada pengawasan atau kerjasama dari orang tua sehingga kurangnya minat belajar, (3) guru PAI sangat berperan sebagai pendidik, pembimbing dan evaluator. Dari hasil penelitian cara mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dengan metode tutor sebaya, siswa diminta maju satu persatu dengan tujuan melihat perkembangan mereka.

Keywords


Guru, Kesulitan Membaca Al-Quran

Full Text:

PDF

References


Apri, M. I. Z., & Yakin, H. H. (2021). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1-8.

Astuti, W., & Nugraheni, R. (2021). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al- Quran. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 04(2), 194–207.

Iskandar, Y., Rosidi, R., & Munir, M. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Alquran Di SMA Negeri 1 Merawang Kabupaten Bangka. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1276

Khotima, Khusnul . (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis AL-qur’an Siswa SMP Negeri 1 Bajeng Kab. Gowa. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Luthfiani, Rana. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka. Skripsi S1. Yayasan Pendidikan Auliaurrasyidin Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan – Riau.

Mahmudah, Siti (2021) Peran Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran pada Siswa Kelas XI di MA PPKP Darul Ma’la Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

Nurhayati. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Ix Di Smpn 2 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Sulesana 9(2). 116-125.

Rosiana, Komaruddin, Safinah. (2022). Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Di SMP Nw Semaya. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 3. 464-480.

Sarmila, Sarmila (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 2 Lembang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

Shalma, L N, Fitroh Hayati, Dewi Mulyani. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas III. Bandung Conference Series: Islamic Education. 2(2) 433-440. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3693

Yana, R. F., Syawaluddin, F. A., Sagala, A. H., & Siagian, T. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an. Pena Cendekia, 4(2), 23–28. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i4.20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.