Pengaruh Penggunaan Handphone Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Qatrunnada Tahta Aunillah, Umi Rokhyati, Rina Lestari

Abstract


Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan ponsel terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Kenyataan menunjukkan bahwa penggunaan ponsel di Indonesia dapat memberikan manfaat dalam berbagai hal. Beberapa sekolah di Indonesia menggunakan telepon seluler sebagai media pengajaran, termasuk bahasa Inggris. Penulis melaksanakan penelitian di SMP Muhammadiyah Sewon School pada tanggal __ Agustus sampai dengan __ Agustus 2023. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa penggunaan ponsel sebagai sarana belajar bahasa Inggris akan mempengaruhi peningkatan pembelajaran bahasa Inggris. Dari 35 peserta, 20 orang menyatakan bahwa penggunaan telepon seluler sangat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Namun ponsel juga mempunyai dampak negatif. 



Keywords


Pengaruh; Penggunaan Handphone; Pembelajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Barakati, D. P. (2013). DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (PERSEPSI MAHASISWA). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra UNiversitas Sam Ratulangi, 01, 7 - 9. Retrieved 08 23, 2023, from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/1820

Budi, J. (2020, October 3). Pengertian Handphone adalah: Fungsi, Dampak dan Manfaat. Retrieved from idmanajemen: https://idmanajemen.com/definisi-handphone/

Daniel. (2019). Pengertian Dampak Menurut Para Ahli dan Jenis dari “Dampak”. Retrieved from bejanakehidupan: https://bejanakehidupan.com/pengertian-dampak-menurut-para-ahli/

Hapzia, A., & Yarni, L. (2023). Dampak Penggunaan Handphone Pada Minat Belajar Siswa Kelas x SMA N 1 Situjuah Limo Nagari. CENDIKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 173 - 174.

Purnami, I. A. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi (Handphone) Sebagai Media Pembelajaran Sederhana. dayupurnami.wordpress.

Putri, G. A., Dewi, N. K., Permata, M. G., & Ni Kadek Apriliani, S. (2022, 07 25). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA ONLINE DI KALANGAN GENERASI Z PADA ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 02, 25 - 26. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4416

Solusi, M. (n.d.). Dampak Positif dan Negatif Smartphone dalam Dunia Pendidikan. Retrieved from Wakool.id: https://wakool.id/blog/76-dampak-positif-dan-negatif-smartphone-dalam-dunia-pendidikan

Thabroni, G. (2022, 04 27). Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah & Macam. Retrieved from serupa.id: https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif/

Thabroni, G. (2022, 04 27). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Karakteristik & Jenis. Retrieved from serupa.id: https://serupa.id/metode-penelitian-kualitatif/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.