Efektivitas Metode Penelitian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Outdoor dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Cangkringan

Bagus Bagus, Yusron Masduki, Nur Alifah Inayatullah

Abstract


Penelitian terhadap tingkat efektivitas model pembelajaran pendidikan agama islam secara outdoor yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Cangkringan. Dalam penelitian tersebut penelitian menggunakan metode penelitian secara kualitatif dengan menjadikan peserta didik sebagai objek inti dari penelitian yang telah dilaksanakan. Metode pembelajaran pendidikan agama Islam secara outdoor sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah Cangkringan, dengan dasar hasil belajar peserta didik yang baik dalam pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas (outdoor learning). Metode pendekatan outdoor learning yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan luar kelas yang dapat menciptakan suasana kegiatan belajar lebih menarik, dapat dilaksanakan kapan saja dan dimanapun tempatnya dengan tetap mengikuti ketentuan pembelajaran yang ada dan berdasarkan bukti yang real, dimana materi yang disampaikan dialami secara langsung oleh siswa dengan keadaan lingkungan secara langsung. Hal tersebut adalah sebuah sistem yang dapat membentuk ekstensi dari banyak persentase atau pernyataan di dalamnya. Tingkat keaktifan peserta didik yang baik dapat menunjang kelancaran penerapan metode pembelajaran pendidikan agama Islam secara outdoor. Metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di luar kelas (outdoor learning) dapat menghilangkan rasa jenuh peserta didik terhadap metode pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas (indoor learning).

Keywords


Efektivitas Metode Pembelajaran Outdoor Learning

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Ansori, R. A. M. (2016). Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Kalam, 8, 14–32. http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/84

Anwar, M. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB ANAK SMP. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(1), 32–51.

Ayu, L. G., Khadijah, & Ahmad, A. (2020). Penanaman Sikap Sopan Santun Peserta Didik Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) 1 Koto Xi Tarusan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.15548/mrb.v3i1.1322

Efianingrum, A. (2016). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 19. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23404

Febrian, V., & Harmanto, H. (2021). Strategi Penanaman Karakter Mandiri Dan Disiplin Melalui Metode Pembiasaan Di Smpn 3 Peterongan Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 412–426. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p412-426

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (pertama). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method) (C. Rahayu (ed.); pertama). Hidayatul Quran Kuningan.

Kh., E. F. F., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman: 13-19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 42–51. http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1032

Mushfi, M. El, Iqbali, & Fadilah, N. (2019). INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL JADID. Jurnal MUDARRISUNA, 9(1), 1–25.

Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 237. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.366

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Ru’iya, S. (2014). Kreativitas, Pemacu Dan Penghambatnya Dalam Kehidupan Manusia. Al-Misbah, 02(02), 205–217.

Ru’iya, S., & Sari, D. N. I. (2023). Implementasi Kepribadian Tanggung Jawab Guru ISMUBA di MI Muhammadiyah Kenteng. Al-Manar, 12(1), 47–59. https://doi.org/10.36668/jal.v12i1.399

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 262–278. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/374


Refbacks

  • There are currently no refbacks.