Pola Penanaman Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan

Bayu Agung Maulana, Yusron Masduki, Nauval Surya

Abstract


Pendidikan karakter sangat dibutuhkan melihat banyaknya fenomena pada peserta didik khususnya di jenjang Sekolah Menengah Pertama yang rentan dengan berbagai hal yang negatif, seperti tingkah laku, krisis moral, dan kepedulian terhadap sesama. Tujuan atau target dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola penanaman pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Dengan menggunakan desain kualitatif bersumber data primer dan sekunder melalui metode pengumpulan data dari hasil pengamatan dan wawancara secara langsung terhadap pihak yang bersangkutan serta beberapa tinjauan literatur dari peneliti terdahulu, penelitian ini menghasilkan fakta bahwa pola penanaman pendidikan karakter dapat meningkatkan moral dan tanggung jawab peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan, Kelurahan Grogol, Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman.

Keywords


Pola, Pendidikan Karakter, SMP Muhammadiyah 1 Seyegan

Full Text:

PDF

References


Al-ulum, J., & Wa, A. A. (2013). Al-qaulu al-qadim. 39–72.

Alawi, D., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Konsep Budaya Islami dan Sekolah Ramah Anak di SMP Islam Cendekia Cianjur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2514–2520.

Candra, R. (2022). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter melalui Lagu Anak-Anak pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7685–7692. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4059

Chasanah, A. U. (2020). Peran Tripusat Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 02 Yogyakarta. 18913053, 1–66.

Efendi, M. M., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Penanaman Pendidikan Karakter Kepemimpinan Islam pada Siswa melalui Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dI SMP Islam Al Azami Cianjur. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(1), 141–152.

Hartanti, A. B., Abdullah, G., & Murniati, N. A. N. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Smp Muhammadiyah 3 Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(3), 294–304. https://doi.org/10.26877/jmp.v9i3.8121

Hieng, M. H., Negeri, S., & Prafi, I. (2021). Pola Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Menengah Pertama PGRI 1 Wagir, Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(Januari), 7–15.

Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 475–480. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779

Sembiring, F. M., Yanti, A., Batubara, N. B., Maysarah, N. S., & Afany, S. (2022). Pola Perilaku Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMP Negeri 5 Medan. Journal Analytica Islamica, 11(1), 1–6.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Suhardi, D. (2013). Peran Smp Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Generasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1248

Urgensi, K. (2023). JPSS : Jurnal Pendidikan Sang Surya , Volume 9 , Nomor 1 , Edisi Juni 2023 . PELAJAR SMP MUHAMMADIYAH WAIPARE Abstract : This study aims to determine the urgency of forming character education for students at SMP Muhammadiyah Waipare . The problem in this. 9, 114–121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.