Budaya Literasi Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa

Risan Adli Surya Brahmantio, Tri Rini Widiarti, Suci Herawati

Abstract


Keahlian bahasa Inggris menjadi semakin penting bagi siswa. Budaya literasi sekolah bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang merangsang dan mendukung perkembangan kompetensi siswa. Dengan pendekatan ini, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendorong siswa untuk aktif dalam membaca, menulis, berbicara dan memahami bahasa Inggris. Tujuan dari penulisan ini mengidentifikasi upaya yang dilakukan oleh guru dalam peningkatan kompetensi bahasa inggris siswa di SMP Muhammadiyah Banguntapan. Metode penilitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Upaya yang dilakukan guru di SMP Muhammadiyah Banguntapan dalam meningkatkan kompetensi bahasa inggris siswa dengan cara mendorong siswa untuk membaca dan menulis dalam bahasa inggris, menggunakan metode yang mendorong partisipasi aktif siswa, seperti diskusi, permainan peran dan persentasi. Literasi juga dijadikan penilaian oleh guru. Upaya peningkatan kompetensi bahasa inggris siswa di SMP Muhammadiyah Banguntapan dinilai kurang efektif bagi siswa. 



Keywords


Budaya Literasi sekolah,kemampuan berbahasa inggris disekolah, kompetensi bahasa inggris siswa

Full Text:

PDF

References


Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Intervensi, J., & Jisp, P. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503

Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9–14.

Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah V

Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Rumapea, M. E. (2014). Kurikulum 2013 Yang Berkarakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 27–38. https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1112

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.