Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam di MTS Muhammadiyah Kasihan Bantul

Erbaningrum Erbaningrum, Sutarman Sutarman, Suliki Suliki

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode dan media yang digunakan oleh guru Ismuba di MTS Muhammadiyah Kasihan. Metode penelitian yang digunakan ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif yang berupa observasi dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini adalah metode dan media pembelajaran dalam pendidikan agama islam yang digunakan oleh Guru Ismuba memerlukan metode pembelajaran yang beragam dikarenakan pembelajaran PAI memiliki sifat yang berbeda-beda misalnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang lebih sering menggunakan metode peta konsep atau mind mapping yang membuat siswa lebih efektif, efisien dan tidak membuat siswa bosan dalam mempelajari pembelajaran sejarah. Metode yang sering digunakan oleh guru MTS Muhammadiyah Kasihan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode kerja kelompok, metode peta konsep atau map mapping, dan metode pemberian tugas. Media yang digunakan oleh guru Ismuba MTS Muhammadiyah Kasihan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu menggunakan LKS dan HP yang digunakan untuk menonton video pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Keywords


Metode, Media Pembelajaran, dan Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Fardani, D. N. (2020). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Strategi Mind Mapping di Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali. https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/10

Fitria Eka Setyawati, Mohammad Afifulloh, L. N. A. B. D. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 72–81.

Kamal, M., & Junaidi, J. (2018). Pengembangan Materi Pai Berwawasan Multikultural Dalam Upaya Menanamkan Nilai Keragaman Bagi Siswa SMKN 1 AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 181. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3798

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., & Ambiyar, A. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 182–191. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847

Mumtazu lFikri. (2011). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM;Pendekatan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 1–13.

Sumiharsono, R., Hasanah, H., Ariyanto, D., & Abadi, P. (2017). Media Pembelajaran. Pustaka Abadi.

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023a). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023b). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 1113–1117.

Syahraini Tambak, M. A. (2014). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Konsep Metode Pembelajaran PAI (Issue 1, pp. 60–61). Graha Ilmu.

Wahid, A. (2015). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. Istiqra’, III(1), 18–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.