Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanam Nilai Nilai Islam Pada Siswa-Siswi Smk Muhammadiyah 2 Moyudan

Fajar Hasani, Yusutria Yusutria, Nur Wahyuni

Abstract


Peran pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai islam di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan sangatlah penting dan signifikan. Pendidikan agama islam di sekolah ini berfungsi sebagai landasan untuk membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia dan berpegang teguh pada ajaran Islam. Melalui pembelajaran agama Islam, siswa diajarkan tentang nilai-nilai seperti ketakwaan kepada Allah, kejujuran, kesederhanaan, dan rasa empati terhadap sesama.

Selain itu, pendidikan agama Islam juga membantu siswa memahami arti penting keseimbangan antara aspek spiritual dan material dalam kehidupan mereka. Melalui pengajaran tentang akhlak, etika, dan moralitas, siswa diarahkan untuk menjadi individu yang berintegritas, baik dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat luas. Pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan juga berperan dalam membentuk pemahaman siswa tentang toleransi, keragaman, dan menghormati perbedaan. Hal ini mengarah pada terbentuknya siswa yang mampu hidup harmonis dalam masyarakat yang multikultural. Secara keseluruhan, pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tidak hanya memberikan pengetahuan tentang Islam, tetapi juga berfungsi sebagai pondasi dalam mengembangkan karakter yang kuat berdasarkan nilai-nilai agama, sehingga siswa siap menghadapi tantangan dunia modern dengan identitas islami yang kokoh.

Keywords


Peran, Pendidikan, Nilai-nilai, Siswa-siswi

Full Text:

PDF

References


"Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam pada Siswa SMK" by M. Ali Syarifuddin (2018) : This article discusses the role of Islamic religious education in instilling Islamic values in students at SMK.

Agus, W. (2017). Hakekat Karakter. Pendidikan, 10–59.

Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Alkrienciehie, I. (n.d.). Anas salahudin, Irwanto Alkrienciehie, Pendidikan Kartakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa ) ( Bandung : Pustaka Setia 2013) Hal 45 1. 1–34.

Andiyanto, D. T. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1(2), 21–30. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/3433/2338

Ariana, R. (2016). peran pendidikan agama Islam dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. 1–23.

Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Al-’Ibrah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(01), 72–92.

Eni. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 67–77.

Hariansyah, Y., & Suhermanto Institut Agama Islam Negeri Curup, H. (2020). Peran Pendidikan Agama dalam Menjaga Pendidikan Toleransi Beragama di Keluarga. EDURELIGIA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 04(01), 101–116.

Hartini, Y., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah Pada Siswa MTs Nurul Huda Kedopok Kota Probolinggo. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 464–472. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2136

Hasfiana, H., Said, N., & Naro, W. (2019). Pembentukan Karakter Toleran Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 267. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i8

Heri, D., & Ruswandi, U. (2022). S Konsep Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 255–267. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.920

Intan, & Rini. (2021). An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 573–583. http://annuha.ppj.unp.ac.id

Integrasi, K., & Dalam, N. K. (2022). Jurnal Dirosah Islamiyah Konsep Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Jurnal Dirosah Islamiyah. 4, 250–262. https://doi.org/10.17467/jdi.v4i2.920

Junaedi, A. (2019). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Sejak Dini bagi Pembentukkan Karakter Siswa di RA Al-Falah Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Jurnal Kajian Islam, 3(2), 103–104.

Maylisa, D. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk karakter islami siswa di SMK Muhammadiyah 1 Seputih Banyak.

Musli’ah, Khulailiyah, A., & Lailiyah, N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMK Matsna Karim Diwek Jombang. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(1), 39–47.

Musya’Adah, U. (2018). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 9–27. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/556

Parnawi, A., & Ahmed Ar Ridho, D. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167–178. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.209

Purnomo, J. (2020). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Aqidah Siswa Smk Pgri 6 Ngawi. AL-MIKRAJ : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN: 2745-4584), 1(1), 51–61. https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i1.540

S, T. (2005). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Sikap Altruisme pada Diri Siswa. https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/dokumen/peranandidik.pdf

Sinta Rahmadania, Achmad Junaedi Sitika, A. D. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang * Corresponding Author . E-mail : sintarahmadania192609@gmail.com Pendidikan dalam keluarga merupaka. Edumaspul, 5(2), 221–226.

Wahyuni. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalammenanamkan Nilai-Nilai Ajaran Islamkelas X Ipa Sman 9 Makassar. 1–83. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/14515-Full_Text.pdf

Wulandari, W. S., Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2022). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Smk Sunan Kalijaga Randuagung Lumajang. Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman, 6(1), 9–23. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v6i1.247


Refbacks

  • There are currently no refbacks.