Miskonsepsi Pembelajaran Aljabar Kelas VIII di SMP Muhammdiyah Bantul
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik tentang materi aljabar, penyebab peserta didik mengalami miskonsepsi dan solusi miskonsepsi. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Bantul Kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis studi kasus dengan data yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui serangkaian wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik dengan mengamati miskonsepsi tentang keterampilan berpikir aljabar. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam bentuk variabel yaitu label, istilah yang berperan sebagai konstanta, dan soal cerita. Kesalahpahaman ini dapat diatasi dengan penemuan terbimbing, yaitu peserta didik menemukan cara memecahkan masalah aljabar sendiri tetapi selalu di bawah bimbingan seorang guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, P., Islam, U., & Mataram, N. (2016). β eta. September.
Azis, N., Tahmir, S., & Minggi, I. (2020). Miskonsepsi pada Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 178. https://doi.org/10.35580/imed15329
Herutomo, R. (2017). Miskonsepsi Aljabar : Konteks Pembelajaran. Journal of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(November), 1–8.
Jarmita, N., Abidin, Z., & Nafizaturrahmi, N. (2019). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 93. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2298
Nuharini, D., & Wahyuni, T. (2008). Buku Paket : Matematika Konsep dan Aplikasinya. Bukupaket.com
Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.511
Warsitasari, W. D. (2015). Berpikir Aljabar Dalam Pemecahan Masalah Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.31597/ja.v1i1.161
Refbacks
- There are currently no refbacks.