Peran Sekolah dalam Pembentukan Kesejahteraan Emosional Siswa: Pendekatan, Tantangan dan Dampaknya Studi di SMA Muhammadiyah Boarding School Prambanan

Fathi Hana' Ibnu Tsani, Farid Setiawan, Nur Muhammad

Abstract


Artikel ini menganalisis peran kritis yang dimainkan oleh sekolah dalam membentuk kesejahteraan emosional siswa, mengeksplorasi pendekatan yang diterapkan, tantangan yang dihadapi, dan dampak dari upaya ini. Kesejahteraan emosional siswa menjadi semakin penting dalam konteks pendidikan modern, dan sekolah berperan sebagai lingkungan yang memfasilitasi pengembangan aspek emosional. Artikel ini mengungkapkan berbagai pendekatan yang dapat diadopsi oleh sekolah, seperti pendidikan emosi dan lingkungan pendukung, serta mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan tekanan akademik. Dampak positif jangka panjang yang dihasilkan dari upaya membentuk kesejahteraan emosional siswa juga dijelaskan.

Keywords


Sekolah, Kesejahteraan Emosional Siswa, Pendidikan Emosi, Lingkungan Pendukung, Tantangan, Dampak

Full Text:

PDF

References


Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. “Metode penelitian kualitatif studi pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80.

ah Pertama Negeri 4 Logas Tanah Darat. 2(2), 41–47.

Ardiyani, Selviana and Fadila, Fadila and Sumarto, Sumarto (2023) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di Mts Baitul Makmur Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

Brackett, M. A., & Katulak, N. A. (2007). "Emotional Intelligence in the Classroom: Skill-Based Training for Teachers and Students."

Carles, Eko, Zepri Hiptraspa, Idi Warsah, dan M. Supperapto Effendi. “Peningkatan Kesejahteraan Mental Siswa melalui Bimbingan Konseling Islam.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 7, no. 1 (2023): 149–64.

Durlak, J. A., Weissberg, R. P., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). "The Impact of Enhancing Students' Social and Emotional Learning: A Meta‐Analysis of School‐Based Universal Interventions." Child Development, 82(1), 405-432.

Elias, M. J., Zins, J. E., Weissberg, R. P., Frey, K. S., Greenberg, M. T., Haynes, N. M., ... & Shriver, T. P. (1997). "Promoting Social and Emotional Learning: Guidelines for Educators." Journal of Educational and Psychological Consultation, 8(4), 448-464.

Else, Windi and Hajjah Ristianti, Dina and Purnama Sari, Dewi (2023) Jenis Layanan, Materi Dan Pendekatan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Siswa di Man Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

Goleman, D. (1995). "Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ."

Ibdalsyah, Ibdalsyah, Muhyani Muhyani, dan Deni Zaini Mukhlis. “Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama Sebagai Akibat Dari Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 02 (2019): 397–416.

Mubarok, Gilang Ardela, dan Eneng Muslihah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman dan Moderasi Beragama.” Genealogi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 9, no. 1 (2022): 115–30.

Muhammad Sulhan. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI. Visipena, 9(1), 159-172.

munawaroh, mas’ulil, & Muhaimin, A. (2023). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Utama Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP Baburrohmah Mojosari). Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(2), 140–146. Retrieved from

Nurhayati, Nurhayati (2022) PENDEKATAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KESADARAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 07 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Umaroh, N. C., & Nasional, L. (2020). Menyalakan Budaya Literasi … program. 6948(2), 28–32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.