Implementasi Program Bimbingan Belajar Arf Bagi Santri MBS Prambanan

Febri Aini Rohmah, Farid Setiawan, Farida Amalia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran serta implementasi dari program Bimbingan Belajar Ar Fachrudin (ARF) di PPM MBS Yogyakarta. Dengan kehidupan pesantren yang menjadikan peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan agama, yakni ulama intelektual, intelektual ulama. PPM MBS Yogyakarta memiliki program untuk peserta didik untuk menuntut ilmu perguruan tinggi di Universitas Timur Tengah, dengan membimbing peserta didik melalui program bimbingan belajar peserta didik diharapkan mampu untuk paham dengan metode serta strategi yang pendidik berikan ketika mengalami kesulitan dalam menuntut ilmu syar’I.  dengan pembelajaran yang lebih banyak di bidang agamanya, peserta didik diharapkan juga dapat memiliki akhlakul karimah. Selain itu, tujuan program bimbingan belajar ARF ini mengenalkan kepada peserta didik mengenai Timur Tengah, tempat yang pernah menjadi peradaban ilmu islam. Dari Program ARF ini pihak PPM MBS Yogyakarta memiliki muadalah bersama UIM (Universitas Islam Madinah) dan Universitas Kairo. Program ini lebih kepada mata pelajaran syar’I dengan menggunakan Bahasa Arab pada semester kedua setelah kedatangan santri baru. Agar, dari pengucapan inilah lisan akan terbiasa untuk berucap

Keywords


Ilmu Syar’I, Bimbingan Belajar. Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157

Nasution, E. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 3, 1–10.

Ramdhan, M. (2021). metode penelitian (A. Amin (ed.); 2021st ed.). Cipta Media Nusantara.

Rozak, A., Fathurrochman, I., & Hajja Ristianti, D. (2016). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 1, 1–23.

Tolib, A. (2015). PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN Oleh: Dr. Abdul Tolib. Jurnal Risaalah, 1(1), 60–66. http:/jurnal.faiunwir.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.