Membentuk Generasi Berkarakter: Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 10 Yogyakarta sebagai Pondasi Pendidikan
Abstract
Sebagai ideologi negara, Pancasila mempunyai peranan penting dalam pedoman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, penerapan profil siswa Pancasila di sekolahmerupakan langkah penting dalam menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila pada generasi penerus.Penelitian ini menggunakanmetodedeskriptifanalitikdengan pendekatan kualitatif (P.D 2014). Lokasi penelitian dilakukan di SMPN 10 Yogyakarta, dengan subjek penelitiannyaadalah kepala sekolah,wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru dan siswa. Menerapkan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 10 adalah langkah bijaksana dalam membentuk generasi muda yang berkarakter kuat dan berbudaya. Dengan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek pendidikan, sekolah ini memberikan pondasi yang kokoh untuk masa depan yang lebih baik bagisiswa-siswanyadan bangsa Indonesia secara keseluruhan.Profil pelajarPancasila bukan hanya menjadi bagian dari kurikulum, tetapi juga menjadi landasan bagi pembentukan karakter generasi mendatang yang unggul.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah Dalimunthe, Reza Armin. 2016. “Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter DI SMP N 9 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter.
Daroe Iswatiningsih. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. SATWIKA (kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial), 3(2), 10. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 1(3), 11
Rony, R., & Jariyah, S. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Refbacks
- There are currently no refbacks.