Implementasi Kegiatan Keagamaan Untuk Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Pleret
Abstract
SMP Muhammadiyah Pleret menerapkan kurikulum merdeka untuk menumbuhkan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan bagian dari profil pelajar pancasila yang membantu peserta didik berakhlak mulia dan berkarakter religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan program keagamaan dapat membantu peserta didik mengembangkan karakter yang religius. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. SMP Muhammadiyah Pleret memandang penanaman karakter religius ini penting untuk mencapai tujuan sekolah. Kegiatan keagamaan di SMP Muhammadiyah Pleret yang bertujuan untuk mengembangkan karakter religius pada peserta didik antara lain pembiasaan budaya 5S, membaca Al-Qur’an, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, pembacaan janji pelajar muhammadiyah, kegiatan BTAQ, kegiatan Jumat sholeh, kajian keputrian serta pelaksanaan salat zuhur, salat duha dan salat Jumat secara berjamaah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, I.P., Ridwan, N.N.P., Rohayati, U., Marini, A. Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berupa Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan YME Melalui Kegiatan Pembiasaan di Sekolah Dasar. JPDSH: jurnal Pendidikan dasar dan sosial humanior, 2(7), 839-852.
https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/5644.
Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57-76. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.57-76
Kusmawati, E. (2022). Sosialisasi Kurukulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Jenjang Sekolah Dasar di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886-893. Doi: 10.31949/jb.v3i4.3483.
Muslimin, I. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Kurikulum Merdeka. JMPID: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 108-130. Doi: https://doi.org/10.30739/jmpid.v5i1.2093.
Nurohma, N. (2018). Strategi Pengembangan Kegiatan Keagamaan Anak Usia Dini di TK Harapan Ibu Tanah Mas Banyuasin. El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, 13(2), 108-129. Doi: https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v13i2.14
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan Dalam Kurikulum Prototype. AS-SABIQUL : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 115-131. Doi: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1683.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y.T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basic Edu, 6(4), 7076-7086. Doi : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.
Sari, D. R. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagaman di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung]. Uinsatu.ac.id. http://repo.uinsatu.ac.id/14698/1/COVER.pdf.
Syukri, I.I.F., Rizal, S.S., & Al Hamdani, M.D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 17-34. Doi: 10.36667/jppi.v7i1.358.
Valensia, C. (2022). Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Mengembangkan Karakter Religius dan Tanggung Jawab Sosial: Studi kasus di MI Al-Fikri Palembang [Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. Uin-Malang.ac.id. http://etheses.uin-malang.ac.id/40588/1/200103210014.pdf.
Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III Universitas Ahmad Dahlan. http://eprints.uad.ac.id/9629/1/60-63%20Dian%20Chrisna%20Wati%2C%20Dikdik%20Baehaqi%20Arif.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.