Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa Siswi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan

Hesti Wahyuni, Yusutria Yusutria, Nur Wahyuni

Abstract


Karakteristik adalah ciri khas seseorang. Karakteristik lebih fokus kepada karakter diri masing-masing manusia. Setiap manusia pasti mempunyai ciri khas berupa karakter yang membedakannya dari individu lainnya. Karakter yang dimiliki manusia sangat berpengaruh terhadap bagaimana cara seseorang melewati kehidupannya. Karakteristik peserta didik meliputi beberapa faktor yakni suku, budaya, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, aspek sosial, etika, spiritual dan motorik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan nilai-nilai karakteristik peserta didik dan metode analisis karakteristik peserta didik untuk mencapai pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan

Keywords


Analisi, Gaya Belajar, Karakteristik, Siswa-siswi

Full Text:

PDF

References


Alfin, J. (2014). Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam.

Baharun, H., & Maryam, S. (2019). Building Character Education Using Three Matra of Hasan Al-Banna’s Perspective in Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 51–62. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2422

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan Dalam Penelitian Dan Metode Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/cp.v1i1.4198

Degeng, N. S. (1991). Karakteristik Belajar Mahasiswa Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia: Depdikbud Dirjen Dikti.

Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 5(2), 255–262. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525

Fajriati, I. N., & Bahruddin, E. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa SMK. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3327

Hamid, A., & Sudira, P. (2013). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA SMK SALAFIYAH PRODI TKJ KAJEN MARGOYOSO PATI JAWA TENGAH. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 138–152.

Hasbullah, M. (2012). Karakter Siswa SMK Negeri 1 Samigaluh Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Imam, S., & Hasan Argadinata, G. (2020). DAMPAK PEMBELAJARAN BERKARAKTER TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SISWA GENERASI MILENIAL. In JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan (Vol. 3). http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 1–11. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin

Kahfi, A. (2022). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik. Journal Pedagogia, 4(2), 121–126.

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Fakta Press.

Munif, M. (2017). STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Vol. 01, Issue 01).

Pradana, Y. (2016). PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). Untirta Civic Education Journal, 1(1), 55–67.

Jatmiko, R. P. (2017). STATUS SOSIAL EKONOMI, GAYA, DAN PRESTASI BELAJAR. In Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) (Vol. 11, Issue 1). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Ratnawati, E. (2015). KARAKTERISTIK TEORI-TEORI BELAJAR DALAM PROSES PENDIDIKAN (PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS DAN APLIKASI). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v4i2.658

Sirait, E. D., & Sugiono, S. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BETHEL PETAMBURAN. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 11(1), 16–31.

Somantri, G. R. (2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Sulistiawati, A., & Nasution, K. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Telaah Pendekatan Struktural Fungsional Talcott Parsons. In Jurnal Papeda (Vol. 4, Issue 1).

Sutarna, N. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 29–33.

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati. (2022). UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460–476. https://doi.org/10.30651/else.v6vi2i.13671

Wayan Juliani, N., Nyoman Murda, I., Wayan Widiana, I., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2016). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN ABANG KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. In Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol. 4, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.