Kultur Sekolah Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro

Khofifah Tulmufida Uba, Arif Rahman, Fahrudin Fahrudin

Abstract


Pendidikan karakter tidak hanya mengajarkan mana yang baik dan mana yang salah kepada peserta didik, tetapi pendidikan karakter juga menerapkan pembiasaan yang positif, sehingga peserta didik mampu memahami dan melaksanakan nilai-nilai tersebut dalam berkata dan bertindak sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait kultur sekolah sebagai penguatan Pendidikan karakter. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Ringkasan hasil hasil menunjukkan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro menerapkan kultur sekolah secara baik. Kultur sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro memiliki peran yang baik dalam mengembangkan karakter pada peserta didik.

Keywords


Kultur sekolah, Pendidikan Karakter, SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro

Full Text:

PDF

References


Bararah, I. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 470–481. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i3.8586

Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4438

Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Tadbir Muwahhid, 5(1), 91. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512

Qosim, N., & Fatimah, N. (2020). Kultur Sekolah Sebagai Aplikasi Pendidikan Karakter. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(2), 193–200. https://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/363


Refbacks

  • There are currently no refbacks.