Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Wasana Aji Kusuma, Rusmining Rusmining, Nurrahmad Wahid Jamaluddien

Abstract


Perkembangan pendidikan menuntut adanya peningkatan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah kualitas pembelajaran matematika di tingkat SMK, dimana terjadi fenomena rendahnya motivasi belajar pada pembelajaran matematika. Observasi merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi belajar pada peserta didik. Beberapa faktor penyebab salah satunya ialah faktor metode pembelajaran yang dilakukan serta peserta didik yang menganggap matematika adalah mata pelajaran yang membosankan sehingga mereka lebih berfokus pada mata pelajaran kejuruan. Maka, motivasi belajar pelajaran tertentu seperti matematika ini tentu sangat penting supaya peserta didik dapat memahami materi dan pelajaran dengan baik. Alhasil adanya peningkatan nilai dalam mata pelajaran itu. 



Keywords


Motivasi belajar, matematika, SMK

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Effendi, Moh. Mahfud (2017) Reposisi Pembelajaran Matematika di SMK. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017, 5 Agustus 2017, Universitas Muhammadiyah Malang.

Fadholi, T., & Waluya, B. (2015). Analisis Pembelajaran Matematika Dan Kemampuan Literasi Serta Karakter peserta didik SMK. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1).

Fitri, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi persamaan lingkaran. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241-257.

Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan motivasi belajar matematika peserta didik setelah menggunakan strategi pembelajaran quick on the draw. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 65-76.

Lestari, W. (2015). Efektifitas strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.

Maharani, A. (2014). Psikologi Pembelajaran Matematika Di Smk Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Euclid, 1(2).

Marsitin, R. (2013). Pendekatan Konstruktivisme pada Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Vol 3, No 1.

Noviawan, A, Hanggorokasih, G.B., Ningsih, R.A & Arifin,S (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri Pringkuku.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.