Pengaruh Gadget Terhadap Motivasi Belajar di SMK Muhammadiyah 2 Sleman

Lolita Azahra, Yusron Masduki, Iftahuul Iftahuul

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh gadget terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mendapatkan hasil bahwa siswa mempunyai gadget pribadi yang berdampak pada timbulnya motivasi yang rendah terhadap pembelajaran. Dengan demikian, dampak buruk gadget dapat membuat kepribadian siswa yang menggunakan gadget semakin tidak aktif, seperti individual, kurang peduli terhadap sekitarnya serta rasa sosial dari anak berkurang, tujuan peneliti untuk mengetahui adanya dampak gadget terhadap motivasi belajar siswa, dan sementara ciri khasnya yang mempunyai cenderung lebih tidak aktif, pola pikir cenderung asli, menemukan gampang saja serta kurang mempunyai simpati. Penelitian pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Sleman dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi observasi lapangan. Kesimpulan dari artikel ini adalah pemakaian gadget memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya bisa meningkatkan motivasi belajar siswa karena gadget bisa diakses secara lebih mudah tanpa banyak kendala. Dampak buruknya dapat mengurangi motivasi belajar peserta didik.

Keywords


Pengaruh, Gadget, Motivasi, Belajar, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Ardyansyah, S. S. (2019). Pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika ITN Malang. Jurnal Valtech, 2(2), 160–165. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/1907

ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Bakar, I. P. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Tamalanrea II Makassar. Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 39–46. https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/AIJER/article/view/572

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fitriani, F. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa MI/SD. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 5(2), 125–129. https://doi.org/10.59638/aijer.v5i2.484

Hariani, E. R. (2022a). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi. 4307(April), 1191–1195.

Hariani, E. R. (2022b). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Snhrp, 3(April), 1191–1195.

https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/451%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/451/394

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 79–84. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/78

Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Perspektif, 16(1), 62–67.

Muttabiah, A., Suryani, E., & Malihatul Hawa, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik. Janacitta, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1192

Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113. https://doi.org/10.52166/talim.v3i1.1910

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

S. Permadi, A., Purtina, A., & Jailani, M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16–21. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2071

Sri Rizqi Wahyuningrum, & Fitriyah. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Belajar Siswa di SMPN 4 Pamekasan. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 2(2). https://doi.org/10.36420/dawa.v2i2.217


Refbacks

  • There are currently no refbacks.