Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Fantasi Kelas VII A di SMP Muhammadiyah 2 Gamping

Ninda Shavera Visty Happy Yana, Hermanto Hermanto, Utari Isnaini Retno Wurdani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Gamping pada materi Cerita Fantasi, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa, dengan 90% siswa berhasil mencapai tugas pembelajaran. Meskipun menggunakan media pembelajaran Wordwall praktis, interaktif, dan menyenangkan, aktif, tidak memerlukan biaya tinggi, sebagai refleksi, dan memudahkan belajar bagi siswa. Masih terdapat hambatan seperti tampilan yang monoton, ketergantungan pada jaringan, kurangnya persiapan siswa, dan kendala teknis. Namun, hambatan-hambatan ini dapat diatasi seiring berjalannya waktu dan siswa akan mulai terbiasa dengan kondisi saat ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran pada materi cerita fantasi di kelas VII A SMP Muhammadiyah Gamping berhasil meningkatkan minat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, V. A., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Flip PDF Coorporate pada Materi Media Komunikasi Kehumasan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2219–2232. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf.

Aprillia, M., Subagio, P. R., Pembayun, S., & Aeni, A. N. (2023). Penggunaan Video Animasi Powtoon Untuk Menteladani SHATAFAT (sidiq, amanah, tabligh, fathonah) Bagi Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 3(4), 141-149. https://doi.org/10.52436/1.jpti.282.

Kurniati, L. (2021). Penggunaan Kelas Kata Pada Struktur Teks Cerita Fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia” Karya Adithia Pratama (Sebuah Tinjauan Morfologi). Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Unpam, 1(2), 21–30.

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR: MAHESA Reseanch Center, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180.

Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022, December). Assessment For Learning (AFL) Melalui Aplikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah oleh Mahasiswa Calon Guru Biologi. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 19, No. 1, pp. 216-222).

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Noprianti, D., & Fujiastuti, A. (2021). Media Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Berbasis Komik. FKIP e-Proceeding, 18-38.

Oktari, S. T., & Desyandri, D. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 726-730. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11024.

Ramadhani, A. A., & Yunus, A. F. (2021). Pengembangan model pembelajaran menulis teks cerita fantasi berbasis media webtoon. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 46-51. 10.26858/indonesia.v2i1.19293.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukenti, D., Jamilin Tinambunan, Muhammad Mukhlis, & Erlina. (2021). Studi Fenomenologi: Penilaian Membaca dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Geram, 9(2), 117–128. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7754.

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 47-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.