Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran Puisi Rakyat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 7 SMP Muhammadiyah 3 Depok

Ilham Wahyu Wardani, Denik Wirawati, Nurul Hidayati

Abstract


Kurikulum Merdeka yang diterapkan sekarang lebih mengutamakan proyek dalam pembelajarannya sehingga siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran. Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menjadi hal utama untuk dapat menerima materi yang diberikan guru. Implementasi teknologi menjadi salah satu metode untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Keywords


Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Puisi Rakyat, Implementasi Teknologi

Full Text:

PDF

References


Aini, F. N. (2022). Implementasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 242–262. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i3.2383.

Gitleman, L., & Kleberger, J. (2014). Strategi Bkas Dalam Pengajaran Materi Sastra Puisi Rakyat Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Oleh Guru Smpn 5 Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif Guru Bahasa Indonesia Kelas Vii Smpn 5 Kota Bengkulu) SKRIPSI. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Houston, B. dan. (2011). Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk 4. Донну, 5(December), 118–138.

Kiki Oktaviana, Albertus Sinaga, & Akhyaruddin. (2022). Efektifitas Media Youtube dalam Pembelajaran Puisi Rakyat Kelas VII SMPN 18 Kota Jambi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 561–576. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1861

Nurr Rokhmah, A. I., Widawati, C. W., Yuniarta, I. R., & Suwandi, S. (2022). Studi kasus pelaksanaan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Moodle. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2), 160–169. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.51644.

Parikesit, H., Adha, M. M., Hartino, A. T., & ... (2021). Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan …, 9(2), 545–554. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/35090

Purnamasari, A., Aryuna, D. R., & Maryono, D. (2017). Penerapan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(6), 17–26.

Putri, M. F., & Wirawati, D. (2022). Penerapan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 285–300.

Saverus. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0- 84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr =&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Di gital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 67. https://doi.org/10.33087/aksara.v2i2.74


Refbacks

  • There are currently no refbacks.