Peningkatan Hasil Belajar Materi Fisika Alat Ukur di SMAN 5 Yogyakarta melalui Pembelajaran Diferensiasi-Eksperimen dan Pendekatan Problem Based Learning

Annisa Nur Azizah, Widodo Widodo, Budi Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari penerapan strategi diferensiasi-eksperimen dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar materi fisika alat ukur di SMA N 5 Yogyakarta. Dalam penelitian ini digunakan desain eksperimental semu dengan desain pre-test dan post-test. Kemudian hasil test tersebut dianalisis dengan melihat peningkatan sebelum dan sesudah perlakuan strategi dan model pembelajaran yang diterapkan. Hasil yang diperoleh kelas XC memiliki nilai pre-test sebesar 5,71 dan nilai post-test sebesar 9,00, sehingga peningkatan nilai kelas XC adalah sebesar 3,29. Sedangkan kelas XH memiliki nilai pre-test sebesar 4,1 dan nilai post-test sebebar 8,9, sehingga peningkatan nilai kelas XH adalah sebesar 4,80. Dengan kata lain, hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan strategi diferensiasi-eksperimen model PBL tidaklah sama. Kedua kelas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara keseluruhan. Hasil belajar peserta didik setelah perlakuan menunjukkan ada peningkatan yang cukup besar.

Keywords


Pembelajaran, Diferensiasi Eksperimen, PBL, Hasil Belajar Fisika

Full Text:

PDF

References


Adhelacahya, K., Sukarmin, S., & Sarwanto, S. (2023). The Impact of Problem-Based Learning Electronics Module Integrated with STEM on Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 4869–4878.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas IX Smpit Khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 6(2), 70–74.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.

Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi diri Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224–232.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102–119.

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model DL Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi dan Model PBL terhadap Hasil Belajar. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1–7.

Lagarusu, A., Odja, A. H., & Payu, C. S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Fisika di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(2), 317–324.

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180.

Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTS Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2), 18–25.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1), 34–37.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124.

Susanti, L., Arsih, F., Darussyamsu, R., & Fajrina, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Problem Based Learning terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Fase E SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11999–12007.

Suwandi, F. P. E., Rahmanigrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 57–66.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–689.

Yuniar, R., Nurhasanah, A., Hakim, Z. R., & Yandari, I. A. V. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model PBL (Problem Based Learning) sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134–1150


Refbacks

  • There are currently no refbacks.