Perbedaan Proses Pembelajaran antar Siswa Boarding dengan Siswa Reguler di SMA Muhammadiyah Bantul

Fitri Rahmawati, Yahya Hanafi, Poppy Indriany

Abstract


Boarding School merupakan model pendidikan dimana siswa, guru, dan staf sekolah tinggal dalam asrama di lingkungan berbeda dengan sekolah reguler yang dimana siswanya hanya berada di sekolah pada saat pagi hingga sore atau sekolah selama jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan proses belajar siswa antar siswa Boarding dengan siswa reguler yang ada di SMA Muhammadiyah Bantul. Yang menggunakan Metode Observasi. Terdapat perbedaan antara siswa boarding dan reguler dalam proses pembelajaran yang dimana siswa boarding lebih aktif dibandingkan siswa reguler.

Keywords


Boarding, Pendidikan, Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Gaztambide-Fernández, R. (2009). What is an elite boarding school?. Review of Educational Research, 79(3), 1090-1128.

Hermaleni (2022). Rekonstruksi Pendidikan Boarding School di Indonesia. Vol. 20 No.1

Hermaleni, T., & Mudjiran, M. (2017). Perbedaan Kompetensi Sosial Siswa Boarding School dan Siswa Sekolah Umum Reguler. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 7(1), 90-98

Hermawan, I. (2019).Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed

Method). Hidayatul Quran

JANNAH, M. (2009). Landasan pendidikan.

Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA:

Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2)

Purbowo. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Multazam Mulia Utam

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa.Jurnal Bioedukatika,3(2), 15-20.

Rini, P. P. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal).

Solekah, S., Zuhdi, N., & Abidin, Z. (2014). Prestasi Belajar Antara Siswa Kelas Boarding School Dan Reguler (Studi Komparasi Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sufianti, A. V. (2022). Hubungan Gaya Belajar dengan Multiple Intellegences Terhadap Prestasi Peserta Didik.Indonesian Research Journal on Education,2(1), 138-145


Refbacks

  • There are currently no refbacks.