Pengaruh Variasi Media Belajar Biologi terhadap Kreativitas Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kasihan
Abstract
Media belajar biologi mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran dan pemahaman materi belajar khususnya bidang biologi. Namun, dengan media belajar konvensional yang sangat terbatas seperti penggunaan buku dan metode ceramah sering kali membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, khususnya pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi media belajar biologi terhadap kreativitas siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kasihan. Selain itu, penelitian ini juga membahas peranan media belajar dalam memfasilitasi pembelajaran biologi beserta media yang diterapkan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara semi struktur yang dilakukan secara langsung di SMA Negeri 1 Kasihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi media belajar berupa powerpoint, internet, dan google classroom sangat berpengaruh terhadap kreativitas siswa dan berperanan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pembelajaran biologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan FKIP,2(1),586–595.
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and Learning Studies,4(3),388– 395.https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073
Bare, Y., & Kurniawati, M. (2022). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Journal on Teacher Education,3(2),356–366.
Damopolii, I. (2017). Simposium Nasional MIPA. https://doi.org/10.31227/osf.io/8qewt
Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, II (1),667–677.
Fernandez, V., Tunnisa, L. F., Aulia, N. R., & Hidayati, N. (2021). Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Powerpoint. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi,5(1),17. https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2993
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran
Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional,2 (1),93
http://ejurnal.mercubuana- yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Nugraha, A. F. (2017). Media Pembelajaran Biologi Berbasis. 7(3), 219–233.
Nurrita. (2018). Kata Kunci: Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Oktarini, D., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2014). Efektivitas Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 2 Kediri. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(1), 1. https://doi.org/10.33394/j- ps. v2i1.1048
Siqueira, A. J.B., Machado, G.F., Costa, J. doC., Branco, L. deF., Montressor, M., &Silva, E. A. D. A. (2019). Bab II Kajian Pustaka. Journal of Chemical Information and Modeling,53(9),1689–1699Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2),103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education,5(2),3928–3936.https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., &Siagian, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan,5(1),75 86.https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12524
Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran,48(1–3),1 8.https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923
Zahwa, F. A., &Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi,19(01),61–
https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.