Implementasi Pendidikan Karakter sebagai Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik SMAN2 Bantul

Pebri Novita, Irfan Yunianto, Sudati Winarni

Abstract


Peran     penting dari Pendidikan karakter adalah  membentuk perilaku peserta didik, terutama pada anak-anak dan remaja yang lebih rentan terpengaruh oleh dampak negatif dari perkembangan zaman dan teknologi. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) dalam konteks pendidikan dalam rangka membangun karakter peserta  didik  di  Sekolah  Menengah  Atas  Negeri  (SMAN)  2

BANTUL. Karakter yang kuat dan positif merupakan aspek penting

dalam pembentukan individu yang berkualitas. Budaya 5S merupakan prinsip-prinsip dasar yang mendorong interaksi sosial yang baik, kerjasama, dan sikap positif dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini merupakan studi pendahuluan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya 5S secara konsisten di lingkungan pendidikan SMAN 2 Bantul dapat memberikan kontribusi   positif   dalam   membentuk   karakter   peserta   didik. Integrasi budaya 5S dapat menjadi landasan untuk mengembangkan perilaku positif, komunikasi yang baik, dan interaksi sosial yang sehat di kalangan peserta didik.



Keywords


Budaya 5S, Pendidikan Karakter, Interaksi Sosial

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F. S. N., Haq, A., & Mustafida, F. (2019). Impelemntasi Pendidikan Karakter Melalui

Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,

(2), 1–7. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index

Atqiya, F. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. 1–79.

Erlisa, P. A. (2020). Pengaruh Penanaman Budaya 5S dan Pembiasaan Salat Berjamaah terhadap

Karakter Religius Siswa Kelas X dan XI MA Ma’arif Klego Ponorogo Tahun Pelajaran

/2019. 1–235.

Husna, N. A., Santoso, S., & Ismaya, E. A. (2022). Penanaman Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 561– 567. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.441

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui

Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Ilmia Pendidikan, 2(1), 28–31.

Maulidah, F. (2019). Implementasi Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) di SDN Suruh Sidoarjo. Jpgsd, 7(4), 3285–3294.

Pringgadini, H. (2018). Penanaman Karakter Sopan Santun Melalui Program 5S (Senyum, Salam,

Sapa, Sopan, Santun) pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. 9. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/67356

Putri, A. N., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan

Karakter Percaya Diri Siswa Kelas 1 Sdn Tangerang 19. JDP: Jurnal Pendidikan Dasar, 157–

https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/16429/9726

Ramawati, D. D., Syafitei, Y., & Pratama, Y. A. J. (2021). Penerapan Budaya 5S Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Siswa SMP Negeri 3 Polokarto. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(Mutu Pendidikan), 4. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14452

Riyanto, S., & Priasti, S. N. (2019). Realisasi Budaya 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

Dalam Meningkatkan Kualitas Kesantunan Antar Peserta Didik Di SD Muhammadiyah Pakel.

Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra (Konnas Basastra) V, 264–267.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G.

N., Amalia, G. R., Dewi, M. K., Priyatmojo, N., & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentu kan Karakter

Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941


Refbacks

  • There are currently no refbacks.