Implementasi Pendidikan Karakter sebagai Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik SMAN2 Bantul
Abstract
Peran penting dari Pendidikan karakter adalah membentuk perilaku peserta didik, terutama pada anak-anak dan remaja yang lebih rentan terpengaruh oleh dampak negatif dari perkembangan zaman dan teknologi. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) dalam konteks pendidikan dalam rangka membangun karakter peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2
BANTUL. Karakter yang kuat dan positif merupakan aspek penting
dalam pembentukan individu yang berkualitas. Budaya 5S merupakan prinsip-prinsip dasar yang mendorong interaksi sosial yang baik, kerjasama, dan sikap positif dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini merupakan studi pendahuluan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya 5S secara konsisten di lingkungan pendidikan SMAN 2 Bantul dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk karakter peserta didik. Integrasi budaya 5S dapat menjadi landasan untuk mengembangkan perilaku positif, komunikasi yang baik, dan interaksi sosial yang sehat di kalangan peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, F. S. N., Haq, A., & Mustafida, F. (2019). Impelemntasi Pendidikan Karakter Melalui
Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,
(2), 1–7. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index
Atqiya, F. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. 1–79.
Erlisa, P. A. (2020). Pengaruh Penanaman Budaya 5S dan Pembiasaan Salat Berjamaah terhadap
Karakter Religius Siswa Kelas X dan XI MA Ma’arif Klego Ponorogo Tahun Pelajaran
/2019. 1–235.
Husna, N. A., Santoso, S., & Ismaya, E. A. (2022). Penanaman Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 561– 567. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.441
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui
Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Ilmia Pendidikan, 2(1), 28–31.
Maulidah, F. (2019). Implementasi Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) di SDN Suruh Sidoarjo. Jpgsd, 7(4), 3285–3294.
Pringgadini, H. (2018). Penanaman Karakter Sopan Santun Melalui Program 5S (Senyum, Salam,
Sapa, Sopan, Santun) pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. 9. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/67356
Putri, A. N., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan
Karakter Percaya Diri Siswa Kelas 1 Sdn Tangerang 19. JDP: Jurnal Pendidikan Dasar, 157–
https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/16429/9726
Ramawati, D. D., Syafitei, Y., & Pratama, Y. A. J. (2021). Penerapan Budaya 5S Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Siswa SMP Negeri 3 Polokarto. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(Mutu Pendidikan), 4. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14452
Riyanto, S., & Priasti, S. N. (2019). Realisasi Budaya 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)
Dalam Meningkatkan Kualitas Kesantunan Antar Peserta Didik Di SD Muhammadiyah Pakel.
Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra (Konnas Basastra) V, 264–267.
Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G.
N., Amalia, G. R., Dewi, M. K., Priyatmojo, N., & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentu kan Karakter
Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Refbacks
- There are currently no refbacks.