Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Project Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta

Ayu Dwiyana Putri, Melati Sukma Negari, Trianik Widyaningrum, Windartati Windartati

Abstract


Model pembelajaran berperan penting untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang berbeda. Penerapan model pembelajaran dapat efektif dan berhasil jika dilihat salah satunya dari hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran perlu disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model belajar Discovery Learning dan Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan populasi siswa kelas X sebanyak 144 siswa dan sampel siswa kelas XC sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Data dianalisis dengan teknik analisis uji normalitas dan uji wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning pada materi keanekaragaman hayati berpengaruh pada hasil belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya nilai posttest.

Keywords


Discovery Learning, Hasil Belajar, Project Based Learning, Pretest, Postest

Full Text:

PDF

References


Agustina, M., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(6). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use case-a7e576e1b6bf

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 29–33.

Liandari, E., Siahaan, P., Kaniawati, I., & Isnaini, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Merumuskan Dan Menguji Hipotesis Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dengan Metode Praktikum. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 50–55. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4904

Mayuni, K. R., Rati, N. W., Putrini, L. P., & Mahadewi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(1), 183–193. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6597

Ngabekti, S. (2017). Revitalisasi Pendidikan Biologi Dalam Rangka Pengembangan Literasi Sains Dan Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1–14.

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Saintifik, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Pratiwi, F. A. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).

Pratiwi, I., Pulungan, A. S. S., & Dumasari, D. (2020). Perbandingan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pelita

Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.12105

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 94.

Rahmayani, A., Siswanto, S., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246–253. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Siswanto, Maridi, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4, 53–59.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165–174.

Utarini, N. K. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XII BDP 1 SMK Negeri 1 Negara. Widyadari Jurnal Pendidikan, 23(1), 105– 114. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390990

Wahyuni, R. S., Irmawanty, & Thahir, R. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar. KROMATIN: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1).

Wahyuningtyas, R. S. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Live Aquarium. Jurnal Pro-Life, 6(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.