Upaya Penggunaan Media Audio Visual “Video Pendek” untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik melalui Bimbingan

Asyhar Faiz Firdausi, Ariadi Nugraha, Ira Erframti Sari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal menggunakan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Mlati.Bimbingan dan Konseling mempunyai berbagai layanan untuk mengatasi berbagai permasalahan peserta didik selama berada di sekolah atau dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya dalam meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Literatur Review atau studi Pustaka yang mana menggunakan sebuah metode penelitian yang berdasarkan pada karya tulis yang relevan diperoleh melalui sumber-sumber pustaka. Artikel ini mengungkapkan harapan penulis untuk melihat dampak positif yang signifikan dalam penggunaan media audio visual “video pendek” untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, dengan harapan bahwa langkah-langkah inovatif ini akan memberikan kontribusi penting dalam mengatasi tantangan lingkungan dan mendorong perubahan positif peserta didik secara luas.

Keywords


Minat belajar, bimbingan klasikal, media audio visual (video pendek).

Full Text:

PDF

References


Afdhal, M. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Lintau Buo Utara. Skripsi,28. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/18818

Barida, M., Munandari, I., & Dahlan, U. A. (2021). Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Model Experiental Learning Pada Peserta Didik Kelas Xi Ak Smk Nu 01 Penawaja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun. 600–609.

Farozin, M. at. el. (2016). Kemdikbud Dirjen GTK. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling SMP, 144.

Hanny, F. (2015). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Minat Siswa dalam Mengikuti Layanan Informasi di SMAN 1 Salimpaung. Skripsi Sarjaan, Program Studi Kependidikan Islam Bimbingan dan Konseling Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar

Hidayah, H., Zulaekah, & Adawiyah, R. (2021). Manajemen Kelas Dengan Model Pembelajaran Bervariasi Di Tk Yaa Bunayya 01 Hidayatullah Karimun. 1(1), 18–25.

Hujair AH, Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.

Lin, S.-H., & Huang, Y.-C. (2016). Examining Charisma in Relation to Students Interest in Learning. Active Learning in Higher Education, 17(2), 139-151

Nurhasanah, S. dan A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (3) 130

Triyono, M. (2014). Materi layanan klasikal bimbingan dan konseling. Paramitra Publishing. Yogyakarta

Ratnawati, A., & Marimin. (2014). Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Produktif AP di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Economic Education Analysis No 3(1).

Suci, N. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas XI SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.