Penggunaan Kurikulum Ismuba dalam Penguatan Karakter Islam Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro

Muhammad Hudaifah Nurcholis Al Fatah, Arif Rahman, Dwi Joko Susilo

Abstract


Penelitian menunjukkan bahwa program ISMUBA  untuk meningkatkan karakter Islami siswa di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro menyebabkan kerusakan moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program ISMUBA membantu siswa menjadi lebih Islami. Namun peneliti menggunakan metodologi deskriptif kualitatif untuk menyelidiki berbagai kondisi lapangan terkait pelaksanaan program ISMUBA di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Data yang dikumpulkan berasal dari dokumen sekolah dasar seperti kepala sekolah, pengembang kurikulum, kurikulum ISMUBA, kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dan dokumen terkait kurikulum sekolah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum ISMUBA untuk meningkatkan karakter Islami siswa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro  berjalan sesuai rencana dan menjadi kebiasaan di sekolah. Hasilnya, secara bertahap siswa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro mulai mengembangkan karakter Islami. Namun tidak dapat dipungkiri terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Salah satu faktanya adalah  tidak semua mahasiswa mengikuti kegiatan ISMUBA.

Keywords


Degradasi Moral, Kurikulum ISMUBA, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67.

Andriani, S., Suyitno, H., & Junaidi, I. (2019). The Application of Differential Equation of Verhulst Population Model on Estimation of Bandar Lampung Population. Journal of Physics: Conference Series, 1155, 012017.

Anggoro, B. S., Efendi, H., & Suherman, S. (2019). The Impact Of EthnomathematicsBased Probing-Prompting Learning Method On Class IX SMP Negeri 2 Way Tenong Students’mathematical Communication Skills Year 2016/2017. Asian Journal of Current Research, 1–8.

Damayanti, E., Septuri, S., & Suherman, S. (2019). Pengetahuan Deklaratif Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 173–173.

Efendi, M. (2017). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN PADA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH VI PALEMBANG. Conciencia, 17(1), 27–39.

Farida, F., Suherman, S., & Zulfikar, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika dengan Media Articulate Studio’13. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 20–28.

Gumanti, A. A. M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Musik Klasik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 393–399.

Hamidah, K., & Suherman, S. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di tinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. AlJabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231–248.

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-Prompting Based On Ethnomathematics Learning Model: The Effect On Mathematical Communication Skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.

Huda, A. N. (2018). Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Tarbiyatuna, 9(2).

Huda, S., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in the Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270.

Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Edureligia, 1(2), 89–100.

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280–289.

Kamandoko, K., & Suherman, S. (2017). Profil Intuisi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 5(1), 1–8.

Komarudin, K. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang berdasarkan high order thinking dan pemberian scaffolding. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 202–217.

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36.

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.

Muhammadiyah, M. D. P. (2007). Standar Isi dan Kompentensi Lulusan Pendidikan AlIslam dan Kemuhammadiyahan. Jakarta: Majelis Dikdasmen PP. Muhammadiyah.

Nuriyanto, L. K. (2014). Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Anwar dan Firdaus Mojokerto Jawa Timur. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 12(1).

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Rizqi, A., Parmin, P., & Nurhayati, S. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Rodiawati, H., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan e-learning melalui modul interaktif berbasis learning content development system. Jurnal Tatsqif, 16(2), 172–185.

Sugiono. (2007). Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309–322.

Tantowi, T. R., & Widodo, H. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM ISMUBA SD MUHAMMADIYAH KALISOKA SENTOLO KULONPROGO DIY. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 54–63.

Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 Yang Religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 90–103.

Widayanti, F. E. (2019). IMPLEMENTASI KURIKULUM ISMUBA DI MI UNGGULAN MUHAMMADIYAH LEMAHDADI. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 69–79.

Yunianto, T., Negara, H. S., & SUuherman, S. (2019). FLIP BUILDER: PENGEMBANGANNYA PADA MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.