Persepsi Siswa terhadap Kinerja Profesional Guru BKdi SMA Muhammadiyah Kasihan

Aulia Putri, Hardi Santosa, Supri Padmiyati

Abstract


Persepsi peserta didik terkadang berbeda antara satu dengan lain nya. Maka dari itu, adanya artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya persepsi siswa terhadap guru BK. Diharapkan guru BK melakukan pembaharuan mengingat setiap peserta didik memiliki kepribadiannya masing masing. Metode yang dilakukan pada penelitian ini berupa Metode Kualitatif. Dimana memberikan hasil bahwa Guru BK yang ada memiliki pandangan buruk dari peserta didik. Peserta didik tidak merasakan rasa aman pada guru BK. Maka dari itu, peneliti mengharapkan adanya penelitian ini menjadi salah satu standar pembaharuan kriteria guru BK pada SMA Muhammadiyah Kasihan.

Keywords


Persepsi, guru bimbingan dan konseling, profesional.

Full Text:

PDF

References


Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Kusumawati, E., & Astuti, A. D. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Bagi Konselor. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(2), 116–124. https://doi.org/10.29407/nor.v9i2.16701

Nugroho, F. A. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling yang Bersertifikasi Pendidik. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 98. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4470

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825

Yeni Karneli, A. K. S. P. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i1.117


Refbacks

  • There are currently no refbacks.